32 C
Semarang
Jumat, 18 Juni 2021

Dua Ruko Terbakar, Kerugian Rp 1,5 M

PEKALONGAN – Dua bangunan rumah toko (ruko) yang difungsikan bengkel sepeda motor dan toko kelontong di Jalan Jendral Sudirman No 168 B Kelurahan Noyontaansari, Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, ludes dilalap si jago merah, pada Kamis (30/3) malam. Atas kejadian tersebut, diperkirakan kerugian mencapai Rp 1,5 miliar.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Enriko Sugiharto Silalahi melalui Kapolsek Pekalongan Timur Kompol Agus Riyanto, menjelaskan bahwa sesuai laporan saksi mata, pemilik toko sembako Idjo,  Andi Haryanto, 37, yang tinggal di toko tersebut, bercerita saat itu dirinya pulang ke rumah sekitar pukul 22.45. Dia mendengar mendengar suara pletok-pletok. Saat keluar rumah ternyata melihat ventilasi bengkel Sarana Motor mengeluarkan asap. Seketika itu juga dia membangunkan keluarganya.

“Pemilik toko inisiatif membangunkan keluarganya untuk menyelamatkan diri. Yang pertama diamankan adalah gas elpiji terlebih dulu,” ujar Kapolsek, Jumat (31/3).

Tidak lama berselang, api langsung membesar dan melalap seluruh isi toko. Kemudian anggota Polsek datang dan memanggil Damkar. Namun karena kencangnya tiupan angin membuat api cepat membesar dan meludeskan seluruh isi bangunan, karena kedua isi ruko dipenuhi material yang mudah terbakar.

Menurut Kapolsek, petugas pemadam kebakaran sempat kesulitan memadamkan api, karena bengkel motor yang merupakan sumber api masih terkunci dan ditinggal pemiliknya. “Di dalam bengkel banyak oli dan sisa BBM, sehingga mudah terbakar,” ucap pemilik bengkel Ju Ong, 57,warga Bina Griya.

Api akhirnya berhasil dijinakkan setelah petugas pemadam kebakaran mengerahkan 8 unit mobil pemadam, sehingga api tidak sempat merambat ke pemukiman warga yang ada di belakang ruko.

Peristiwa tersebut sempat menimbulkan kemacetan panjang, mengingat lokasi kebakaran berada di jalur pantura.  Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 1,5 miliar. (han/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here