32 C
Semarang
Jumat, 18 Juni 2021

Phapros Terbitkan MTN Rp 200 M

SEMARANG – PT Phapros, Tbk menerbitkan Medium Term Notes (MTN) sebesar Rp 200 miliar. Dana dari surat utang jangka menengah ini akan digunakan untuk mengoptimalisasi pabrik dan menambah kapasitas produksi.

Direktur Utama PT Phapros, Tbk, Barokah Sri Utami mengatakan, pihaknya tahun ini memproyeksikan target penjualan hingga Rp 1 triliun pada tahun ini. Salah satu upayanya yaitu dengan menambah jumlah produksi. Namun demikian, kapasitas dari pabrik yang ada sudah hampir tidak mencukupi. Oleh karena itu, pihaknya merasa perlu memperbaiki kualitas mesin dan membangun pabrik baru. “Untuk optimalisasi pabrik tersebut, kami menerbitkan MTN sebesar Rp 200 miliar dan menganggarkan capital expenditure (capex) sebesar Rp 290 miliar,” ujarnya disela Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2016 di Hotel Patra Jasa, kemarin.

Sebagian dari nilai capex dan MTN tersebut, lanjutnya, akan digunakan untuk menambah kapasitas produksi dan mendanai pembangunan pabrik baru di Ungaran, sedangkan sisanya menggunakan dana internal perusahaan.

Sementara itu, dalam RUPS dari anak perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) ini disepakat pembagian dividen sebesar Rp 43,5 miliar atau 50 persen dari laba bersih perusahaan kepada pemegang saham.

Tahun 2016 lalu, Phapros berhasil meningkatkan kinerjanya baik dari sisi penjualan maupun laba. Adapun penjualan pada tahun 2016 mencapai Rp 816 miliar atau naik 18 persen dibandingkan tahun 2015 yang sebesar Rp 691 miliar.

Kontributor terbesar penjualan Phapros berasal dari segmen OGB di mana kontribusi dari penjualan obat generik tahun 2016 mencapai Rp396,5 miliar atau sekitar 49 persen dari total penjualan. “Di sisi laba, perseroan mencatatkan pertumbuhan sebesar Rp 87 miliar atau naik 38 persen dibandingkan tahun 2015. Pertumbuhan kinerja yang dialami Phapros tersebut berada jauh di atas pertumbuhan rata-rata industri farmasi nasional sebesar 7,5 persen,” ujarnya. (dna/smu)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here