33 C
Semarang
Kamis, 10 Juni 2021

Tebusan Tax Amnesty Rp 500 M

SEMARANG – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jateng I mencatat uang tebusan program tax amnesty tahap tiga hingga hari terakhir kemarin mencapai Rp 481 miliar. Dengan tebusan terbanyak dari wajib pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yaitu Rp 300 miliar.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jateng (DJP) I, Irawan mengatakan, selama tahap 3 ini, sebanyak 17.500 wajib pajak telah mengajukan pengampunan pajak. Peserta terbanyak dari wajib pajak UMKM, yaitu sekitar 12.000 peserta. Sisanya, sekitar 5.000 peserta merupakan wajib pajak badan dan orang pribadi. “Dari jumlah peserta TA tersebut, tadi pagi (kemarin, Red) saya cek uang tebusan sudah mencapai Rp 481 miliar, dan hari ini cukup ramai. Dengan kondisi ramai seperti ini, harapannya bisa tembus hingga Rp 500 miliar,” jelasnya, kemarin.

Pihaknya menunggu wajib pajak yang akan mengikuti program tax amnesty hingga pukul 00.00 kemarin. Pihaknya juga memberlakukan kondisi khusus, apabila hingga pukul 23.30 masih cukup banyak peserta. “Kami buka sampai jam 12 malam nanti (kemarin,red). Kalau sampai mendekati jam tersebut masih banyak yang akan mengikuti tax amnesty, akan kami terima dan berikan tanda terima sementara, kemudian bisa dikerjakan setelahnya,” papar Irawan.

Ia menambahkan, jumlah uang tebusan pada tahap 3 ini telah melampaui target awal, yakni Rp 150 miliar. Sedangkan untuk total uang tebusan sejak tahap pertama hingga tahap 3 kemarin mencapai Rp 8,6 triliuan, dengan uang tebusan terbesar pada periode 1 yaitu Rp 7,9 triliun. “Di awal sebagian besar WP orang pribadi dan badan, kemudian untuk jumlah juga cukup banyak karena denda untuk uang tebusan lebih kecil. Sedangkan di tahap akhir ini kebanyakan UMKM karena dari awal sampai tahap akhir tarif yang dikenakan sama,” ujarnya. (dna/smu)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here