Tak Terapkan SOP Operator Wisata Bisa Dipidana

664
BERI PEMBINAAN : Kapolres Magelang AKBP Hindarsono bersama perwakilan operator rafting dan tubing usai sosialisasi standar keamanan di aula mapolres, kemarin. (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)
BERI PEMBINAAN : Kapolres Magelang AKBP Hindarsono bersama perwakilan operator rafting dan tubing usai sosialisasi standar keamanan di aula mapolres, kemarin. (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)

MUNGKID – Adanya kasus kecelakaan di wisata air baik arung jeram maupun tubing membuat Polres Magelang memberikan perhatian serius. Korps Bhayangkara ini mengingatkan supaya seluruh operator menerapkan sistem keamanan sesuai prosedur.

Kapolres Magelang AKBP Hindarsono mengatakan pihaknya mengumpulkan seluruh operator rafting dan tubing di wilayah Kabupaten Magelang. Tujuannya untuk memberikan sosialisasi pentingnya penerapan SOP keamanan. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Polres Magelang ini diikuti puluhan operator rafting dan tubing.

Hindarsono menerangkan agar semua pengusaha rafting dan tubing di Magelang memenuhi teknis keamanan atau prosedur yang dipatuhi. “Jangan pernah merasa menggampangkan prosedur tersebut serta secara teknis harus sesuai peraturan. Jika ada kejadian meninggal harus disesuaikan karena bisa dijerat pasal kelalaian,” katanya.

Ketua Komunitas Rafting Rosid menjabarkan rafting di wilayah Magelang sudah ada standar operasionalnya. ”Dari SOP tersebut kami sudah menjalankannya secara teknis dan keamanannya,” jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga memberikan asuransi jiwa kepada seluruh peserta. “Kebanyakan kecelakaan itu di luar peraturan yang sudah kita buat,” tandasnya.

Menurutnya, setiap hari Jumat semua operator turun ke sungai untuk membersihkan sampah. Kemudian dari pihak rafting tetap melaksanakan komunikasi di Polsek Mungkid untuk meminta bantuan. “Jika ada mahasiswa yang melaksanakan rafting harus ada pemberitahuan di polsek setempat. Semua kegiatan arum jeram sendiri sudah membentuk paguyuban serta melaksanakan pertemuan,” imbuhnya. (vie/lis)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here