Bukit Seroja Dihijaukan

595
PEDULI LINGKUNGAN : Berbagai elemen masyarakat menanam bibit pohon di Bukit Seroja Desa Maron Kecamatan Garung, Wonosobo Kamis (30/3). (Zain zainudin/radar kedu)
PEDULI LINGKUNGAN : Berbagai elemen masyarakat menanam bibit pohon di Bukit Seroja Desa Maron Kecamatan Garung, Wonosobo Kamis (30/3). (Zain zainudin/radar kedu)

WONOSOBO –Sejumlah aktivis lingkungan Wonosobo menggelar kampanye peduli air dan menanam 500 bibit pohon di Bukit Seroja, Desa Maron, Kecamatan Garung, Kamis (30/3). Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia itu dihadiri Dandim 0707, petugas Dinas Lingkungan Hidup, dan seratusan aktivis lingkungan berbagai LSM. Hampir seluruh peserta yang terlibat sepakat, bahwa penyelamatan lingkungan perlu disegerakan.

Menurut aktivis Kaukus Lingkungan, Ngabidin, penanaman pohon, maupun penyelamatan daerah hulu sumber mata air (seperti Seroja) mendesak dilakukan. Pasalnya, jika alam daerah hulu rusak akan langsung berdampak pada debit mata air yang keluar dari sumber. Sementara, aliran air dari hulu ini dimanfaatkan masyarakat desa bawahnya.

Selain adanya pohon penangkap air, pengelolaan limbah sampah dan sanitasi perlu diperhatikan. Hal itu menurutnya penting dipersiapkan mumpung objek wisata Bukit Seroja belum begitu banyak dikunjungi wisatawan.

“Kita tak ingin hadirnya wisata justru malah memperparah kerusakan lingkungan. Mumpung sini belum terlalu ramai mending dipersiapkan,” katanya.

Koordinator LPTP Zamzaini menerangkan, kegiatan tersebut diinisiasi oleh LPTP Wonosobo dengan didukung berbagai LSM lingkungan juga instansi pemerintahan. Mulai dari LSM Kita Institut, Reaksi (remaja aktif kongsi), PKK Desa Maron, FKPM Desa Maron, Kaukus Lingkungan, Karang Taruna, Kodim 0707 dan Kecamatan Garung.

Pada kesempatan tersebut ditanam 500 batang pohon berbagai jenis. Antara lain sengon, gayam buah, dan pucuk merah. “Sebelum menanam kita sudah koordinasi. Mudah mudahan pohon bisa besar dan tidak dirusak.” (cr3/lis)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here