37 Tim Terdegradasi Dari Liga 2

1743
BAKAL SENGIT: Laga ujicoba PSIS melawan Persik Kediri, beberapa waktu lalu. PSIS akan bersaing di grup JawaTengah ditambah Persipon Pontianak dan Persiba Bantul pada babak penyisihan grup. (BASKORO S/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BAKAL SENGIT: Laga ujicoba PSIS melawan Persik Kediri, beberapa waktu lalu. PSIS akan bersaing di grup JawaTengah ditambah Persipon Pontianak dan Persiba Bantul pada babak penyisihan grup. (BASKORO S/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Kompetisi Divisi Utama 2017 akan berlangsung ketat. Kompetisi yang akan bertitel Liga 2 itu bakal digelar pada 18 April atau tiga hari setelah kick off Liga 1. Selain itu, drawing pembagian grup juga telah digelar dalam managers meeting di Jakarta Siang (30/3) kemarin.

Dari total 61 tim peserta dibagi dalam delapan grup. Lima grup masing-masing berisi delapan tim sedangkan tiga grup lainnya berisi tujuh tim. Dari hasil pembagian grup tersebut menempatkan tim PSIS Semarang di Grup 4 bersama Persipon Pontianak, PSIR Rembang, PSM Magelang, Persis Solo, Persiba Bantul, Persipur Purwodadi dan juga Sragen FC.

Yang menarik, di ajang Liga 2 musim 2017 ini bakal ada degradasi besar-besaran. Dari total 61 tim yang bertarung, 37 diantaranya bakal turun kasta di kompetisi 2018 mendatang. pada babak penyisihan grup dari total delapan grup yang ada, penghuni peringkat 5 hingga 7/8 yang berjumlah 26 tim dipastikan degradasi.

Kemudian peringkat 3 dan 4 pada babak penyisihan grup akan bertarung di babak playoff. Total akan ada 16 tim yang akan bertarung di playoff dengan sistem home tournament. Penghuni peringkat 11 ke bawah pada babak playoff akan menyusul degradasi ke Liga 3 musim 2018 jadi total akan ada 37 tim yang degradasi ke Liga 3. Sedangkan peringkat 1 hingga 5 babak playoff dipastikan bertahan di Liga 2.

Selain 5 tim tersebut, peringkat 1 dan 2 atau tim-tim yang berhasil melaju ke babak 16 besar juga dipastikan bertahan di Liga 2. ”Sedangkan peringkat 1, 2 dan 3 di akhir kompetisi akan promosi ke Liga 1 musim 2018. Kemudian 3 tim Liga 1 musim 2017 akan degradasi dan 3 tim Liga 3 musim 2017 akan promosi ke Liga 2. Jadi musim 2018 Liga 2 hanya akan berjumlah 24 tim saja,” beber Direktur Utama PSIS, Kairul Anwar.

Dengan regulasi tersebut, dipastikan gelaran Liga 2 bakal alot sejak awal kompetisi,”Karena degradasinya sudah langsung ditentukan sejak babak penyisihan grup. Mau tidak mau semua tim termasuk PSIS akan mati-matian sejak pertandingan pertama,” tegasnya.

Regulasi lain yang juga tak kalah pentingnya adalah mengenai pembatasan usia. Dalam managers meeting kemarin diputuskan setiap tim diberi kuota maksimal 30 pemain dan hanya diperbolehkan merekrut lima pemain yang berusia 25 tahun keatas dengan maksimal berusia 35 tahun.“Untuk pemain yang berusia 25 tahun maksimal kelahiran 1 Januari 1992. Dan lima pemain senior yang direkrut juga boleh turun di pertandingan secara bersamaan,” sambung Kairul Anwar.

PSIS kata Kairul juga akan memaksimalkan jumlah pemain senior. Dengan aturan tersebut berarti saat ini PSIS masih memiliki satu kuota kosong untuk pemain senior mengingat sebelumnya PSIS telah merekrut empat pemain berusia diatas 25 tahun yaitu M Yunus, Johan Yoga, Hari Nur dan Frangky Mahendra. “Tadinya kami sudah mencapai kesepakatan dengan M Ridwan, namun dengan regulasi ini tentu yang bersangkutan tidak bisa kami rekrut karena berusia diatas 35 tahun. Tapi kami akan memaksimalkan kuota dan merekrut satu pemain senior lagi. Yang jelas kami akan bekerja sekeras mungkin untuk mengejar target promosi ke Liga 1,” pungkasnya. (bas/smu)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here