Jagoan Cilik Padamkan Kebakaran

1470
PADAMKAN API : Anak-anak TK Kemala Bhayangkari 34 Kendal berlatih memadamkan api di kantor Satpol PP dan Damkar Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PADAMKAN API : Anak-anak TK Kemala Bhayangkari 34 Kendal berlatih memadamkan api di kantor Satpol PP dan Damkar Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL—Terjadi kebakaran kecil yang cukup membahayakan di TK Kemala Bhayangkari 34 Kendal, Rabu (29/3) kemarin. Meski api tidak terlalu besar, tapi sangat membahayakan mengingat lingkungan tersebut sekolah TK yang banyak anak-anaknya. Tak menunggu lama, satu regu jagoan cilik datang dengan gagah langsung mengambil peralatan pemadam kebakaran.

Tanpa rasa takut, para polisi cilik itu bersama-sama memegang selang dan langsung mengarahkan ke api yang tengah berkobar. Dalam hitungan menit, api yang sempat membuat panik anak-anak TK itu, langsung padam. Para jagoan cilik itupun mendapatkan tepukan tangan meriah dari para guru dan teman-teman TK lainnya.

Itulah pemandangan yang tampak pada simulasi pemadaman api ringan yang diikuti oleh anak-anak saat melakukan kunjungan ke Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Kendal. Para siswa TK Kemala Bhayangkari 34 Kendal memang sengaja dilatih memadamkan api dan menyelamatkan diri, jika terjadi bencana kebakaran.

Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Cabang Kendal, Reni Firman Darmansyah mengatakan sebelum kunjungan, pihaknya bersama pengurus dan anak-anak TK Bhayangkari telah memberikan penjelasan dan pengenalan tentang teknis penyelamatan diri dan pemadaman kebakaran.

Anak-anak juga diperkenalkan tentang cara pengoperasian alat pemadam kebakaran, meliputi selang pemadam kebakaran atau alat Apar. Selain itu, anak-anak juga dipertontonkan video cara penanganan kejadian kebakaran.

“Video tersebut tidak dalam bentuk menakutkan atau kebakaran betulan. Tapi dikemas dalam film kartun dengan tokoh animasi Sopo Jarwo. Sehingga anak-anak tidak jenuh dan bisa menikmatinya,” kata Reni, kemarin.

Pelatihan tersebut, menurut Reni, bermanfaat bagi pengurus YKB Cabang Kendal dan guru-guru TK di TK Kemala Bhayangkari 34 Kendal. Diakuinya, belum banyak yang tahu ilmu dan cara-cara aman menangani kebakaran jika seandainya di rumah terjadi kebakaran.

Reni Firman mengatakan kunjungan di Damkar Kendal tersebut merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT Yayasan Kemala Bhayangkari Tahun 2017. “Dengan adanya kunjungan ke Damkar, diharapkan anak-anak dan pengurus YKB Kendal mendapatkan ilmu yang bermanfaat”, tambah  Reni. (bud/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here