Fajar: Perbaikan Tunggu Anggaran

Pasar Pedurungan Tergenang Air

295
JOROK: Lantai I Pasar Pedurungan yang masih tergenang air akibat penampung membeludak. (AFIATI TSALITSATI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Setelah sempat dikeluhkan para pedagang, Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto, turun langsung meninjau kondisi lantai satu Pasar Pedurungan yang digenangi air akibat saluran mampet, Rabu (29/3) pagi.

Fajar berkomunikasi dengan pedagang ikan laut dan daging yang losnya tergenang air dari saluran mampet untuk mengetahui kronologi penyebab adanya genangan air.

”Saya tadi sudah melihat, memang saluran itu membeludak karena ada masalah pada penampungnya, jadi tidak bisa dihindari,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ia menambahkan, dirinya mendapat laporan dari UPTD Pasar Pedurungan kondisi ini sudah terjadi beberapa minggu terakhir. Hingga kemarin, kondisinya cukup parah dan sangat tidak nyaman bagi penjual maupun pembeli.

”Tapi, saya lihat pipa paralon yang ada di bagian bawah tidak ada sumbatan. Hanya saja karena 3 penampung yang sudah overkapasitas, jadi airnya mbalik lagi dan meluap,” katanya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan UPTD setempat dan memberikan solusi sementara dengan menyediakan jasa sedot air, yang nantinya akan dievaluasi keesokan harinya. Jika masih terjadi hal demikian, Dinas Perdagangan memberikan solusi dengan menyiapkan kasa sedot air yang akan membantu menguras setiap hari.

”Kami juga masih belum bisa memastikan apakah ini merupakan kesalahan kontraktor, yang pasti saya berikan solusi penyedot air hari ini (kemarin, Red),” ujarnya.
Terkait permintaan pedagang untuk renovasi saluran, pihaknya tidak dapat langsung mengiyakan karena harus melalui anggaran perubahan. ”Perbaikan akan dilakukan, tetapi anggaran puluhan juta tidak bisa secara langsung, jadi sekarang pakai sedot air dulu, sembari kami merancang anggaran untuk kita ganti salurannya dengan pipa ukuran 3 atau 4 dim,” katanya.

Wakil UPTD Pasar Pedurungan, Arif Budi, mengatakan, Pasar Pedurungan Baru masih dalam masa pemeliharaan kontraktor. Meski begitu, pihaknya akan berkoordinasi untuk perbaikan lantai satu yang tergenang.

”Kami koordinasi dengan Dinas Perdagangan setiap ada kejadian apa pun, untuk kejadian ini karena sudah parah Pak Fajar turun langsung melihat kondisi dan Alhamdulillah diberikan solusinya,” ungkapnya.

Salah satu pedagang, Maslakhul Fakih, mengaku, ia dan pedagang lainnya akan melihat perkembangan. ”Ya, kami tunggu perkembangannya saja, tadi Pak Fajar bilang kalau masih sama akan ada anggaran untuk perbaikan,” katanya. (mg26/aro/ce1

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here