Diminta Berdayakan Ekonomi Warga

1500
MOTIVASI: Staf Ahli Bupati Semarang Heru Purwantoro menyambut mahasiswa KKN UIN Walisongo di Halaman Kantor Bupati Semarang, kemarin.
MOTIVASI: Staf Ahli Bupati Semarang Heru Purwantoro menyambut mahasiswa KKN UIN Walisongo di Halaman Kantor Bupati Semarang, kemarin.

UNGARAN–Sebanyak 586 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang yang tengah kuliah kerja nyata (KKN) di 47 desa di Kabupaten Semarang diimbau untuk berdayakan ekonomi warga desa.

Hal tu dikatakan oleh Staf Ahli Bupati Semarang bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Heru Purwantoro saat apel penerimaan mahasiswa peserta KKN di halaman Kantor Bupati Semarang, Rabu (29/3) kemarin.

“Lakukan identifikasi terhadap masalah yang ada untuk mendapatkan cara yang tepat dalam memberdayakan warga dan meningkatkan kesejahteraannya,” katanya.

Heru juga meminta para mahasiswa dapat memanfaatkan ilmu pengetahuan yang diperolehnya di bangku kuliah untuk membantu memberdayakan potensi warga desa.

Wakil Rektor UIN Bidang Akademik, Musahadi yang juga hadir pada kesempatan itu mengatakan untuk mudah masuk ke komunitas masyarakat, harus menggunakan pendekatan berbasis masjid. “Masyarakat kita (di pedesaan) sebenarnya sangat religius. Meski temanya pemberdayaan masyarakat berbasis masjid, tetapi cakupan program ini termasuk (pemberdayaan) ekonomi, kesehatan, lingkungan serta pendidikan,” kata Musahadi.

Para mahasiswa berasal dari enam fakultas yakni fakultas Dakwah dan Komunikasi, fakultas Syariah dan Hukum, fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, fakultas ushuludin dan humaniora, fakultas ekonomi dan bisnis Islam serta fakultas Sains dan Teknologi. Mereka akan disebar di 47 desa di empat Kecamatan yakni Kecamatan Getasan 13 desa, Kecamatan Banyubiru (10 desa), Kecamatan Bandungan (9) dan Sumowono (15). “Kegiatan KKN kali ini mengambil tema pos pemberdayaan keluarga (posdaya) yang sudah dilaksanakan sejak pelaksanaan KKN tahun 2012 hingga tahun 2018 mendatang,” katanya.

Pelaksanaan KKN tematik Posdaya di Kabupaten Semarang ini, lanjut Sholihan, merupakan ke sepuluh kalinya. Sebelumnya, kegiatan dengan tema yang sama telah dilaksanakan para mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang di Demak, Kendal, Batang, Blora, Temanggung, Pati dan Boyolali. (ewb/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here