PGN Pasok Gas Tanpa Pipa

348
PERLUAS JARINGAN: PT PGN Persero Tbk memperluas pasokan gas bumi ke Nippon Indosari Corporindo di Kawasan Industri Wijaya Kusuma.
PERLUAS JARINGAN: PT PGN Persero Tbk memperluas pasokan gas bumi ke Nippon Indosari Corporindo di Kawasan Industri Wijaya Kusuma.

SEMARANG – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) terus memperluas pasokan gas bumi. Penyaluran gas tidak hanya secara konvensional yakni melalui jaringan pipa gas, melainkan juga dalam bentuk gas alam terkompresi atau compressed natural gas (CNG).

CNG merupakan inovasi dari PGN untuk menyalurkan gas bumi ke wilayah yang belum terbangun pipa gas bumi. Salah satu perusahaan yang mendapat pasokan CNG adalah pabrik roti terbesar di Kota Semarang PT Nippon Indosari Corporindo yang memproduksi rori merek Sari Roti, di Kawasan Industri Wijaya Kusuma, Semarang. Di kawasan tersebut memang belum ada pipa gas bumi, namun permintaan gas bumi tetap terlayani.

“Gas bumi kami olah menjadi CNG, lalu oleh PGN diangkut ke Kawasan Industri Wijaya Kusuma menggunakan armada truk CNG. Sehingga industri-industri di Semarang bisa menikmati atau menggunakan gas bumi yang efisien ini lebih cepat sambil menunggu pembangunan jaringan pipa gas di wilayah Semarang,” ungkap Sales Area Head Semarang PGN, Edy Sukamto, kemarin.

Dengan mengganti bahan bakar dari LPG ke gas bumi CNG, pihaknya dapat menghemat pengeluaran bahan bakar cukup besar. Karena CNG dari PGN harganya lebih hemat hampir 50 persen.

PGN saat ini memasok 80 persen pengguna gas bumi di seluruh Indonesia. PGN menyalurkan gas bumi ke lebih dari 165.392 pelanggan rumah tangga; 1.929 pelanggan sektor UMKM, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan; serta 1.652 industri manufaktur berskala besar dan pembangkit listrik. (ida/smu)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here