Kampanyekan Bahaya Seks Bebas dan Narkoba

702
GENERASI BANGSA: Sempat Diguyur Hujan, Pelajar Tetap Antusias Ikuti Karnaval HUT Kota Demak. (AHMAD ABDUL WAHAB/JAWA POS RADAR SEMARANG)
GENERASI BANGSA: Sempat Diguyur Hujan, Pelajar Tetap Antusias Ikuti Karnaval HUT Kota Demak. (AHMAD ABDUL WAHAB/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK– Semangat ratusan pelajar ikuti karnaval HUT Kabupaten Demak ke-514 tak surut meski hujan lebat sempat mengguyur. Selain itu, karnaval yang bertajuk Gaul sehat tanpa penyakit sosial tersebut merupakan serangkaian agenda Konferancab IPNU dan IPPNU Kecamatan Mranggen.

Wakil Ketua PAC IPNU Kecamatan Mranggen Rifqi Gozali, mengatakan, karnaval tersebut untuk mengkampanyekan bahaya pergaulan bebas dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang (narkoba). Sasarannya anak muda.

“Khususnya pemuda di kawasan Mranggen agar terhindar dari perilaku-perilaku negatif, yaitu seks bebas dan narkoba,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Minggu (26/3).

Menurutnya, demografi serta letak geografis yang bersinggungan dengan Kota Metropolitan, Semarang, menjadikan pemuda daerah tersebut lebih mudah terpengaruh. Sehingga, hal itu dapat memicu mereka untuk meniru dan melakukan tindakan-tindakan di luar batas kewajaran itu sendiri. “Bukan berarti kota besar itu identik dengan konotasi negatif, hal ini lebih kepada karakteristik serta norma-norma yang ada sehingga dibutuhkan semacam filterisasi khususnya di kawasan-kawasan yang lebih kecil,” ujarnya.

Rifqi mengatakan, sebelumnya juga diadakan penyuluhan-penyuluhan bahaya narkoba bekerjasama dengan BNN. Selain kirab karnaval, berbegai macam lomba juga digelar. Mulai dari lomba rebana dan lomba dakwah. “Nilai-nilai tradisi Islam dan juga alkuturasi budaya disampaikan melalui konferancab dan perayaan HUT Kabupaten Demak ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Mranggen, Wiwin Edi Widodo, mengatakan, pemuda harus menjadi garda terdepan khususnya dalam memerangi narkoba. Menurutnya, kondisi saat ini sudah di level darurat narkoba. “Pelajar harus bisa menjadi pelopor serta pioneer anti narkoba kepada pemuda yang lain,” tuturnya. (mg28/zal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here