FEB UPGRIS Didik Lulusan Seimbangkan Teori dan Ketrampilan

296
COFFEE TALK: Acara yang digelar UPGRIS yang menjadi forum bertukar pikiran dengan mengundang para praktisi ekonomi dan pengusaha muda sukses di kota Semarang.
COFFEE TALK: Acara yang digelar UPGRIS yang menjadi forum bertukar pikiran dengan mengundang para praktisi ekonomi dan pengusaha muda sukses di kota Semarang.

PERSAINGAN dunia kerja kian hari semakin ketat. Generasi muda pun dituntut untuk tak hanya unggul di bidang akademik saja tetapi juga ketrampilan dan kemampuan penunjang lainnya. Namun, banyak perguruan tinggi yang masih saja terjebak dalam pandangan yang melulu berpusat pada pembelajaran teori semata. Hasilnya, banyak lulusan yang pada akhirnya sulit menyesuaikan diri atau berkompetisi dengan tuntutan dunia kerja.

Menyadari hal itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Semarang (FEB UPGRIS) selalu berupaya untuk menyediakan pendidik-pendidik yang berkualitas sekaligus menyelenggarakan program-program yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Ada pun secara fasilitas, UPGRIS pantas disejajarkan dengan universitas-universitas terkemuka tingkat nasional. Gedung, laboratorium, fasilitas perkuliahan, dan sistem teknologi mutakhir telah disiapkan secara profesional demi menyokong kualitas pendidikan di UPGRIS.

FEB UPGRIS yang menaungi Program Studi Manajemen secara profesional dan konsisten menerapkan praktek belajar mengajar dan perkuliahan yang berorientasi pada konsep POAC  (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) dan SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic).

Konsep teori ini diajarkan kepada mahasiswa secara komprehensif. Mahasiswa diajarkan bagaimana mempelajari sebuah organisasi secara konsep maupun realitanya. Dari perencanaan, penganggaran, pembagian tugas, hingga mengontrol bagaimana laju osebuah organisasi, badan usaha, maupun lembaga pada umumnya.

Konsep ini dipergunakan sebagai salah satu strategi untuk menentukan target utama dari suatu proyek, dari peningkatan sumber daya manusia maupun tujuan utama sebuah organisasi. Konsep ini juga bakal memberi motivasi secara riil kepada mahasiswa.

Kelebihan yang disediakan oleh FEB UPGRIS adalah penekanan pada keseimbangan antara teori dan praktik. Konsep POAC tidak hanya dipelajari di dalam kelas, namun juga diajak secara langsung untuk melihat bagaimana konsep itu dipraktikkan. Mahasiswa pun diprioritaskan untuk datang berkunjung ke perusahaan-perusahaan yang telah direkomendasikan untuk melihat secara langsung.

Hal ini penting agar mahasiswa FEB UPGRIS tidak hanya menghabiskan waktu dengan berkecimpung di teori saja. Para mahasiswa dididik agar memiliki kecakapan dalam menyelaraskan antara teori yang dipelajari kampus dengan keberadaan realitas sektor-sektor usaha yang ada.

Tak hanya itu, mahasiswa juga dopersiapkan untuk menangkap peluang kerja ataupun sanggup memaksimalkan sektor usaha kini banyak diperlukan, seperti UMKM, wirausaha kecil, dan beberapa usaha-usaha tradisional.

Selain itu, UPGRIS juga mempersiapkan lulusan-lulusan sanggup menerapkan ilmu yang dipelajari di kampus ketika mereka kembali ke daerah masing-masing setelah mereka lulus. Di samping itu, para lulusan juga dididik untuk peka dalam menemukan dan mengembangkan sektor-sektor yang berpotensi menjadi daya tarik dari daerah tersebut

Atau, secara gagasan, mereka diasah agar tergerak untuk menemukan konsep bisnis baru yang pada akhirnya bisa bermanfaat untuk pengembangan sektor perekonomian Indonesia. Dari dua penekanan pelaksanaan konsep tersebut, diharapkan UPGRIS sanggup mencetak lulusan-luluan yang sesuai dengan visi, yaitu “Unggul dan Berjatidiri”.

Seperti beberapa waktu lalu, FEB UPGRIS telah menggelar acara rutinan bertajuk Coffee Talk. Acara ini menyediakan sebuah forum bertukar pikiran yang mengundang para praktisi ekonomi dan pengusaha muda sukses di kota Semarang.  Dalam acara tersebut, mahasiswa dipersilakan untuk berdialog dengan para pembicara. Dalam kesempatan itulah, mahasiswa sanggup membandingkan secara langsung antara teori yang dipelajari dengan pengalaman para tokoh-tokoh yang terbukti sukses di bidang pengelolaan manajemen penegelolaan usaha di bidang perekonomian. (*)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here