Warga Tuntut Dilibatkan Amdal

407
SAMPAIKAN ASPIRASI: Ratusan massa menggelar aksi di halaman Kecamatan Muntilan, kemarin. (MUKHTAR LUTFI/JAWA POS RADAR KEDU)
SAMPAIKAN ASPIRASI: Ratusan massa menggelar aksi di halaman Kecamatan Muntilan, kemarin. (MUKHTAR LUTFI/JAWA POS RADAR KEDU)

MUNGKID—Ratusan massa yang mengatasnamakan Front Aliansi Umat Islam bersatu serta Front Aliansi Pemuda Muntilan, menggelar unjuk rasa di halaman kantor Kecamatan Muntilan, kemarin. Mereka menuntut agar proses pembangunan pasar dilakukan transparan, melibatkan masyarakat sekitar. Membentangkan berbagai macam spanduk, massa mulai memadati halaman Kecamatan Muntilan, pasca-salat Jumat. Aksi mendapatkan pengawalan polisi dan TNI.
Koordinator aksi, Anang Imamudin, menilai pembangunan Pasar Muntilan tidak transparan. Salah satunya, terkait kajian amdal atau analisis dampak lingkungan yang tidak melibatkan masyarakat sekitar. Padahal, mereka yang akan berdampak dengan keberadaan pasar.

“Kita meminta kepada Pemkab Magelang memberdayakan masyarakat sekitar yang terdampak proses pembangunan Pasar Muntilan. Kita menuntut transparansi dan kejelasan pembangunan.”

Anang meminta Bupati Zaenal Arifin untuk bertemu dengan warga. Tujuannya, menjelaskan dan menyelesaikan masalah ini. “Jika sebagai pemimpin daerah tidak mau mendengar keluhan masyarakat, kita akan menggelar aksi yang lebih besar,” ancam Anang.

Perwakilan demonstran ditemui oleh sejumlah pejabat Pemkab. Di antaranya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Satpol PP, dan Dinas Pasar Koperasi dan UMKM.
Plt Kepala DPU Herianto mengatakan, saat ini pembangunan Pasar Muntilan masih dalam tahap lelang. Jika tidak ada kendala, pada April sudah mulai tahap pembangunan. “Proses pembangunan akan berjalan selama 2 tahun.”

Perwakilan Dinas Pasar Koperasi dan UMKM, Ahmad Ruswanto mengatakan, proses pembangunan sudah melewati tahap amdal dan amdal lalin. “Proses amdal dan amdalin pembangunan pasar sampai saat ini sudah selesai, dengan melibatkan komponen-komponen di sekitar masyarakat, juga tinggal menunggu proses lelang selesai.” (vie/isk)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here