Kasi Pemuda dan Olahraga Dikpora Kurang Berprestasi, Sarpras Jadi Alasan

488
Enang Basuki
Enang Basuki

WONOSOBO—Gedung olahraga yang minim, membuat bakat siswa di bidang olahraga, kerap tidak tersalurkan dengan baik. Padahal, informasi dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora), siswa-siswi Wonosobo memiliki potensi besar di bidang olahraga. Utamanya, untuk jenis olahraga body contact (karate, taekwondo, pencak silat, dan sejenisnya).

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, siswa-siswi Wonosobo berhasil memboyong medali dan mendapat juara umum (kecuali 2016) saat Popda tingkat karesidenan digelar. Kendati punya segudang prestasi, perhatian yang minim, membuat para atlet sulit berkembang.

“Sayangnya, bakat anak didik kita yang besar itu kurang mendapat fasilitas yang baik,” keluh Kasi Pemuda dan Olahraga Dikpora, Enang Basuki, belum lama ini.

Menurut Enang, untuk memajukan olahraga siswa, sedikitnya ada tiga aspek yang harus terpenuhi. Yakni, sarpras (gedung hingga alat latih) memadai, pedidikan olahraga yang baik, dan apresiasi yang semestinya kepada siswa berprestasi. Dua aspek terakhir, sudah cukup dengan fasilitas yang diberikan sekolah. Sedangkan sarpras belum terpenuhi.

Ia berujar, untuk kabupaten sekelas Wonosobo, setidaknya butuh satu tempat olahraga yang representative. Lokasinya, dekat dengan pusat kota. Tujuannya, agar setiap ada even olahraga pelajar (Popda), semua jenis perlombaan bisa terlaksana di satu tempat. Sehingga memberikan iklim pertandingan yang lebih positif.

Untuk gedung alternatif, Enang menilai, GOR Wonolelo sudah lebih dari cukup untuk memfasilitasi olahraga yang bersifat body contact. Karenanya, jika memungkinkan, GOR tersebut sedianya cepat difungsikan.

Staf Kasi Pemuda dan Olahraga Dikpora, Heru Widodo, menerangkan, kendati kerap juara umum di tingkat karesidenan, namun atlet siswa Wonosobo, sering gagal menorehkan prestasi membanggakan di tingkat provinsi. Paling, hanya juara dua dan 3 di masing masing cabor body contact. (cr2/isk)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here