PKL Tidak untuk Main-main

456
SUMPAH : Sebelum mengikuti PKL, para siswa kelas XI SMK Citra Medika Kota Magelang mengikuti ucap sumpah janji kesehatan (USJK), kemarin. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)
SUMPAH : Sebelum mengikuti PKL, para siswa kelas XI SMK Citra Medika Kota Magelang mengikuti ucap sumpah janji kesehatan (USJK), kemarin. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)

MAGELANG – Ratusan siswa kelas XI Kompetensi Keperawatan dan Farmasi SMK Citra Medika mengikuti ucap sumpah janji kesehatan (USJK), di Hotel Atria Kota Magelang, Kamis (23/3). Sumpah ini mencerminkan kesiapan para siswa yang akan menjalani praktik kerja lapangan (PKL) selama tiga bulan.

“Supaya anak-anak tidak menyalahgunakan ilmu dan keterampilannya di bidang kesehatan,” kata Kepala SMK Citra Medika Kota Magelang, Hendratno Widhiatmanto.

Sebelumnya USJK, para siswa telah mengikuti workshop. Siswa Keperawatan mengikuti workshop di Kampus Akbid/Apikes Citra Medika Surakarta sementara siswa Farmasi ke Kampus Politeknik Indonusa Surakarta. “Workshop itu juga bertujuan sebagai pemantapan dan pembekalan siswa,baik teori maupun praktik. Sehingga saat terjun ke lapangan, mereka siap mengabdi menjadi pelayanan kesehatan,” imbuhnya.

Hadir dalam acara ini, orang tua siswa, dan segenap tamu undangan. Baik dari institusi pelayanan kesehatan, dunia usaha dunia industri, Kepala SMK se-Kota Magelang, Ketua LSP Asnakes Indonesia, Pramudi Saksono, serta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Supardjo.

Kepala Balai Pengendali Pendidikan Menengah Wilayah IV Eugenia Florentina Awignam Astu mengatakan, PKL akan menguji kemampuan siswa yang telah mengenyam pendidikan di sekolah selama dua tahun. Mereka juga bisa mengimplementasikan ilmu yang dipelajari selama ini. Kegiatan PKL tidak untuk main-main. “Manfaatkan waktu dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Internusa Singgih Purnomo hadir memberikan motivasi kepada siswa. Ia menyuntikkan semangat siswa untuk memperdalam keahliannya. Yakni, dengan melanjutkan kuliah.

Dalam acara ini, para siswa menampilkan beberapa hiburan. Di antaranya, tari topeng ireng, tari gambyong, tari pendet, jaipong modern dance, dan pantomim. (put/ton)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here