Pengusaha Jateng Belajar ke Salatiga

768
STUDI BANDING: Pemilik kacang mete oven merek Kameo, Purnomo menjelaskan produknya pada pengusaha UKM Jateng.
STUDI BANDING: Pemilik kacang mete oven merek Kameo, Purnomo menjelaskan produknya pada pengusaha UKM Jateng.

SALATIGA – Puluhan pengusaha kecil menengah dari berbagai kota di Jawa Tengah yang tergabung dalam Motiva (Motivasi untuk Aktif, kreatif dan Inovatif) mengadakan studi banding ke pengusaha di Salatiga. Mereka belajar mengenai berbagai hal untuk bisa menjadikan produk mereka diterima di pasar.

Para pelaku UKM ini berdiskusi dengan Purnomo, pemilik kacang mete oven merek Kameo di Jalan Merdeka Utara, Soka. Pasalnya, produk Kameo ini sudah tembus ke berbagai wilayah di Indonesia dengan pangsa pasar yang sudah menerima aneka produknya. “Kami ke sini untuk belajar, mulai dari packing, marketing hingga faktor hukum. Semua menjadi ilmu bagi kita para pelaku UKM agar bisa mengembangkan usaha kita seperti yang dilakukan UKM di sini,” terang Yadi, pelaku UKM asal Jatisrono, Wonogiri yang datang bersama keluarganya.

Kepada para tamu, Purnomo menjelaskan, butuh kerja keras dan tahan banting untuk bisa eksis. Mengingat maraknya persaingan UKM, termasuk produk UKM dari luar negeri yang membanjiri pasar Indonesia. “Tidak hanya modal, namun juga ide segar serta usaha yang maksimal,” tutur dia. (sas/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here