Reunian, 6 Pemuda Ditangkap Polisi

496
DIBINA: Wakapolres Kebumen Kompol Umi Mariati saat memperingatkan para pemuda yang tertangkap tengah pesta miras di Alun-alun Karanganyar. (DOK HUMAS POLRES KEBUMEN)
DIBINA: Wakapolres Kebumen Kompol Umi Mariati saat memperingatkan para pemuda yang tertangkap tengah pesta miras di Alun-alun Karanganyar. (DOK HUMAS POLRES KEBUMEN)

KEBUMEN – Gara-gara menggelar reuni, 6 pemuda asal Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen harus berusurusan dengan polisi. Sebab mereka mengisi kegiatan reuni dengan pesta minuman keras (miras).

Wakapolres Kebumen Kompol Umi Mariati menjelaskan, mereka tertangkap tangan saat menenggak miras di Alun-alun Karanganyar pada Minggu (19/3) pada pukul 22.00 WIB.

Tim Tindak Pidana Ringan (Tipiring) yang dipimpin Kasat Sabhara Polres Kebumen AKP Krida Risanto yang tengah patroli melihat aksi mereka.

Umi sangat menyayangkan, di Kebumen masih ditemui adanya penikmat miras. Padahal beberapa waktu lalu ada korban meninggal akibat minuman haram itu. “Harusnya itu bisa menjadi pertimbangan, jika mengonsumsi miras saat ini sangat bahaya sekali dampaknya untuk keselamatan jiwa,” ucapnya, Senin (20/3).

Kepada 6 pemabuk yang digiring ke Polres Kebumen, Umi meminta agar tidak mengulangi lagi. Karena sanksi yang akan diterima akan lebih berat jika kedapatan tertangkap lagi saat menjalani hukuman percobaan.

Krida menambahkan, para pemabok itu diancam pasal 13 ayat 2 Perda Kabupaten Kebumen yang mengatur minum minuman keras di tempat umum. Ancamannya minimal 2 bulan kurangan, maksimal 3 bulan kurungan, serta denda Rp 15 juta.

“Biasanya, karena mereka baru pertama kali, akan diberikan vonis 3 bulan dengan percobaan 2 bulan. Jika dalam percobaan itu mengulangi lagi, tanpa sidang mereka akan langsung masuk bui,” paparnya.

Saat dimintai keterangan, para bujangan ini mengaku saat itu tengah reunian. Pertemuan ini dirayakan dengan cara menenggak miras jenis ciu. “Saat asyik minum, kami diamankan polisi,” ucap salah satu pemuda yang menunduk malu dan berjanji tidak akan mengulang lagi. (*/ton)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here