Kenalkan KA lewat Mendongeng di Gerbong

439
ANTUSIAS: Anak-anak TK saat mendengar dongeng dari tim Omah Dongeng Marwah di dalam gerbong Kereta Api Tawang Jaya, kemarin. (Nur Chamim/Jawa Pos Radar Semarang)
ANTUSIAS: Anak-anak TK saat mendengar dongeng dari tim Omah Dongeng Marwah di dalam gerbong Kereta Api Tawang Jaya, kemarin. (Nur Chamim/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Ratusan anak dari berbagai taman kanak-kanak (TK) di Kota Semarang begitu antusias mendengarkan dongeng yang dilakukan di dalam sebuah gerbong kereta api (KA) Tawang Jaya yang sedang parkir di peron Stasiun Tawang Semarang, Senin (20/3) siang.

Kegiatan untuk memperingati Hari Dongeng Sedunia yang digagas oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang. Dengan mengusung tema Ayo Naik Kerta Api, DAOP IV melibatkan tim Omah Dongeng Marwah yang mendongeng kisah-kisah tentang kereta. Sebelumnya ratusan anak ini mengikuti lomba menggambar dan mewarnai di selasar Stasiun Tawang Semarang, kemudian dipandu menuju KA dipimpin maskot berkostum lokomotif.

”Kegiatan ini juga dilakukan sebagai kampanye dan sosialisasi agar anak-anak bisa mengenal dan mencintai KA. Sengaja dipilih dongeng karena menurut kami dongeng bisa merangsang anak untuk meningkatkan imajinasi, melatih kemampuan berkomunikasi, serta interaksi,” kata Wakil Kepala PT KAI Daops IV Semarang, Tamsil Nurhamedi.

Menurutnya, sosialisasi tersebut juga berfungsi agar anak-anak ke depan terbiasa menggunakan transportasi umum termasuk kereta api. Dengan media dongeng yang ditanamkan sejak dini akan ada rasa kecintaan yang terbangun. Selain mendengar dongeng, anak-anak TK juga diajak menggambar dan mewarnai, serta diberikan edukasi berupa kehati-hatian saat melintasi perlintasan KA, larangan melempari KA yang sedang melintas dengan batu, dan masih banyak lainnya.

Kegiatan tersebut diikuti 100 anak TK, seperti dari TK PGRI 96 Tanjung Mas, TK Tunas Kartika, TK Yayasan Wanita Kereta Api Semarang, dan TK Kusuma Bhakti Semarang. ”Sangat senang bisa naik kereta, ini baru kali pertama naik. Selain itu senang bisa ikut lomba menggambar tadi siang,” tutur Tristan Adi salah satu peserta.

Ulin Nubarohah salah tim Omah Dongeng Marwah, mengungkapkan materi dongeng yang diberikan berupa sosialisasi moda transportasi KA aman untuk dikendarai bagi anak kecil maupun orang dewasa. ”Media dongeng bisa menciptkan kecintaan terhadap suatu benda termasuk moda transportasi,” tambahnya. (den/zal/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here