Komunitas Oglek Jelajah Desa dengan Ontel Tua

509
NAIK PERAHU KAYU: Komunitas Oglek saat menyeberangi Sungai Tuntang yang menghubungkan Desa Sumberejo Kecamatan Bonang dengan Desa Karangrejo, Kecamatan Karangtengah. (Wahib pribadi/jawa pos radar semarang)
NAIK PERAHU KAYU: Komunitas Oglek saat menyeberangi Sungai Tuntang yang menghubungkan Desa Sumberejo Kecamatan Bonang dengan Desa Karangrejo, Kecamatan Karangtengah. (Wahib pribadi/jawa pos radar semarang)

DEMAK– Komunitas sepeda ontel yang tergabung dalam Organisasi Genjot Lawas Oke Kalijaga (Oglek) kemarin melakukan aksi menarik. Yakni, jelajah desa dengan cara menyusuri rute perjalanan sepanjang 15 kilometer. Rute itu dimulai dari Alun Alun Kota Demak kemudian menuju arah jalan Desa Katonsari, Desa Donorejo, Kecamatan Demak Kota lalu berjalan menuju Desa Sumberejo Kecamatan Bonang.

Sesampainya di Desa Sumberejo ini, rombongan Komunitas Oglek melanjutkan perjalanan muhibah menuju Desa Karangrejo, Kecamatan Karangtengah. Mereka harus menyeberangi Sungai Tuntang dengan perahu kayu.

Pengurus Oglek, Rudiyanto mengatakan, dengan menggunakan alat penyeberangan perahu itu rombongan pecinta jalan sehat dengan sepeda tua ini merasakan sensasi perjalanan yang lain.

“Kita dapat merasakan nikmatnya ngontel sambil naik perahu. Kita juga dapat melihat potensi desa yang kita lalui dengan penuh pesona,”katanya.

Rudi menambahkan, aktivitas ngontel ria dengan menaiki sepeda lawas dilakukan setiap akhir pekan, khususnya Minggu. Selain bertujuan menjalin keakraban antarsesama anggota ontelis juga untuk mengeksplorasi potensi wisata pedesaan.

“Dengan kegiatan seperti ini, badan dan pikiran menjadi sehat,”ujarnya.

Menurutnya, anggota Komunitas Oglek dalam aktivitasnya selalu mengenakan pakaian seragam yang cukup khas. Yakni, baju tradisional dengan motif garis garis cokelat serta dilengkapi dengan blangkon. Ini sesuai dengan pakaian adat Demak yang pernah dipopulerkan Sunan Kalijaga. “Kita juga lakukan kegiatan bakti sosial untuk masyarakat,”katanya.(hib/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here