Pengemudi Becak Jangan Melawan Arus

350
SIMPATIK: Kasatlantas Polres Salatiga AKP Edy Sutrisno menyerahkan bingkisan pada pengemudi becak. (DHINAR SASONGKO/RADAR SEMARANG)
SIMPATIK: Kasatlantas Polres Salatiga AKP Edy Sutrisno menyerahkan bingkisan pada pengemudi becak. (DHINAR SASONGKO/RADAR SEMARANG)

SALATIGA – Satlantas Polres Salatiga melakukan aksi simpatik membagikan nasi bungkus kepada puluhan tukang becak di seputaran jalan protokol, Kamis (16/3) pagi. Pembagian ini sekaligus sosialisasi kepada pengemudi becak untuk juga mematuhi tata tertib lalu lintas.

“Becak ini sarana umum yang juga harus mematuhi aturan berlalu lintas. Mereka juga membawa penumpang, bahkan penumpang duduk di depan,” jelas Kasatlantas Polres Salatiga AKP Edy Sutrisno.

Ia mengharapkan semua pengguna lalu lintas untuk mematuhi rambu yang sudah ada. Polisi juga menyoroti tentang becak yang kadang melawan arus sehingga mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Menurutnya, becak merupakan alat transportasi tradisional yang harus diberdayakan sehingga mampu membuat lebih nyaman para penumpang dan juga lingkungan yang dilaluinya.

Ketua Paguyuban Becak Salatiga, Bagong menyambut gembira sosialisasi simpatik yang dilakukan aparat kepolisian. “Dulu pernah dilakukan dan ini kembali dilakukan setelah sekian lama,” tuturnya.

Dijelaskan dia, saat ini anggota paguyuban becak terus berkurang. Dari awal dulu 600 pengemudi, kini hanya tinggal 200an. “Banyak tergusur dengan murahnya sarana transportasi lainnya,” ujar Bagong yang biasa mangkal di bundaran Tamansari itu. (sas/ton)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here