Narkotika Rp 852 Juta Dimusnahkan

262

SALATIGA – Barang bukti tindak pidana yang berupa narkotika dan obat-obatan terlarang di wilayah hukum Salatiga dimusnahkan oleh Kejaksaaan Negeri Salatiga, Kamis (16/3). Barang bukti bernilai kurang lebih Rp 852 juta dimusnahkan setelah memiliki kekuatan hukum tetap di pengadilan.

Pemusnahan barang bukti ini dilakukan pihak Kejari Salatiga bekerja sama dengan pihak RSUD Salatiga yang memiliki alat pembakar berupa incenerator. Pemusnahan barang bukti kejahatan narkoba ini disaksikan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkompimda) Salatiga, terdiri Pj Wali Kota Salatiga Achmad Rofai, Kapolres Salatiga AKBP Happy Perdana Yudianto, Ketua Pengadilan negeri Salatiga Salman Alfariz, Dandim 0714 Salatiga Letkol Azjur Bahasoan. Selain itu juga hadir Direktur RSUD Salatiga, Agus Sunaryo Badan Pengawas RSUD Salatiga, Sri Mulyono.

“Nilai barang bukti ini ratusan juta rupiah. Kalau estimasi harganya Rp 1 juta per gram sabu – sabu, berarti barang bukti yang kami musnahkan nilanya mencapai Rp 852 juta sampai Rp 1 miliar, termasuk pil ektasi,” jelas Kasi Intel Kejari Salatiga Subhan.

Kepala Kejaksaan Negeri Salatiga Bambang Setyadi menjelaskan, barang bukti yang dimusnahkan tersebut (khususnya narkotika) adalah barang bukti yang telah memiliki kekuatan hukum tetap di pengadilan negeri setempat. Langkah pemusnahan dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak disalahgunakan.

Barang bukti ini disita dari kejahatan selama tiga bulan terakhir tahun 2016 sampai tiga bulan pertama tahun 2017. “Ini barang bukti selama satu semester khusus narkotika dan obat-obatan. Di mana semua barang bukti ini telah memiliki kekuatan hukum tetap,” tandas Bambang Setyadi. (sas/mg27/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here