Kembangkan Imajinasi Anak

324
EKSPRESI: Salah satu peserta Lomba Bercerita tingkat SD/MI se-Kota Magelang tampil di depan juri dan lawannya, kemarin.
EKSPRESI: Salah satu peserta Lomba Bercerita tingkat SD/MI se-Kota Magelang tampil di depan juri dan lawannya, kemarin.

MAGELANG – Sekitar 80 pelajar SD/MI se-Kota Magelang mengikuti Lomba Bercerita yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DKP) Kota Magelang, 14-16 Maret 2017. Lomba yang berlangsung di Gedung Kyai Sepanjang ini memperebutkan juara 1, 2, 3 dan harapan.

Nashriyah Nur Imani, siswa SD Muhammadiyah 1 Alternatif berhasil mengantongi nilai 248 dan ditetapkan sebagai juara 1. Ia berhak mewakili Kota Magelang melaju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah pada Mei mendatang. Masih dari sekolah sama, Khairallah Yasmin merebut juara tiga. Sementara juara dua, diraih Hegata Iktiara Sanyoto dari SD Neger Magelang 6.

“Kita akan berikan pembinaan kepada pemenang yang akan mewakili ke provinsi,” kata Sekretaris DPK Kota Magelang Triyamto dalam acara bertema, Tanamkan Rasa Cinta pada Budaya Bangsa, kemarin.

Untuk melatih mental anak, mereka akan diberi kesempatan tampil di acara-acara tertentu. Dia berhahap, anak juga mempersiapkan diri untuk berjuang mengharumkan nama kotanya. “Supaya dia benar-benar siap,” ujar Mantan Camat Magelang Tengah itu.

Ia mengamati, banyak hal yang menarik dari lomba itu. Peserta bisa mengekspresikan gaya, dan membawakan alur cerita secara runut. Para juri terdiri dari praktisi dan pendongeng yang dipilihnya juga menilai peserta dari penampilan, komunikasi, serta makna atau pesan yang dimuat dalam cerita. “Mereka diberikan waktu 8 menit dan harus dimanfaatkan dengan baik,” imbuhnya.

Lomba yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat dan kecintaan dunia literasi itu juga diharapkan mampu menjadi ajang penggalian bakat. Serta mengembangkan imajinasi siswa dalam menuangkan hasil membaca untuk disampaikan ke orang lain, berupa sebuah cerita yang hidup, berbobot dan bermanfaat. (put/ton)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here