Tanamkan Sikap Toleransi Sejak Dini

436
WISATA RELIGI: Ratusan Murid SD Marsudirini BSB berkunjung ke komplek Susteran St Fransiskus Gedangan. (DIAZ AZMINATUL ABIDIN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
WISATA RELIGI: Ratusan Murid SD Marsudirini BSB berkunjung ke komplek Susteran St Fransiskus Gedangan. (DIAZ AZMINATUL ABIDIN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG-Ratusan murid SD Marsudirini BSB Semarang, berwisata religi dan budaya dengan mengunjungi  tempat-tempat  ibadah lintas agama di Kota Semarang, Rabu (15/3). Kegiatan ini bertujuan  untuk menumbuhkan pengetahuan dan rasa toleransi antar umat beragama sejak dini.

“Dengan wisata religi dan budaya ini kita ingin menanamkan pengertian tempat-tempat ibadah lintas agama agar anak-anak dapat mengenalnya secara langsung diluar pelajaran yang diberikan,” kata Thomas Erna Kurniawan, seorang guru pembimbing yang turut mendampingi para siswa.

Tempat ibadah yang dikunjungi antara lain, Masjid Agung Baiturrahman Semarang, Vihara Mahavira Graha di kawasan Marina Semarang, Pura Agung Giri Natha, bangunan sejarah Kompleks Susteran Gedangan, serta Lawang Sewu.

Thomas menambahkan, wisata religi dan budaya merupakan metode pembelajaran yang diberikan selain di lingkungan sekolah. “Dengan kegiatan ini, anak-anak dapat langsung mengetahui tujuan berdoa dalam setiap agama. Yang jelas, tentu dapat memupuk sikap tenggang rasa dan toleransi antar umat beragama. Apalagi Indonesia kaya dengan keragaman budaya,” ujar Thomas.

Sementara itu, Kepala Susteran St Fransiskus Gedangan, Suster Bertha menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, rasa persaudaraan antar sesama manusia dan umat beragama harus ditanamkan sejak dini. (mg30/zal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here