Lewat e-Filing Lebih Mudah

448
TAAT PAJAK : Sejumlah tokoh di Magelang menerima Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) SPT Tahunan PPh orang pribadi di aula KPP Pratama Magelang, Rabu (15/3). (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)
TAAT PAJAK : Sejumlah tokoh di Magelang menerima Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) SPT Tahunan PPh orang pribadi di aula KPP Pratama Magelang, Rabu (15/3). (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)

MAGELANG – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Magelang mendorong wajib pajak untuk memanfaatkan layanan pelaporan SPT Tahunan PPh melalui e-filing. Layanan ini diklaim memudahkan wajib pajak (WP) dalam menyampaikan SPT Tahunan dengan cepat dan aman.

“Adanya layanan ini, tidak lagi mengantre di kantor KPP Pratama Magelang. Masyarakat bisa sesegera mungkin melaporkan SPT Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi sebelum batas waktu, 31 Maret 2017 mendatang,” kata Kepala KPP Pratama Magelang Wiratmoko dalam acara Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan dengan tema Gerakan Sadar Pajak di aula kantor pajak setempat, Rabu (15/3).

Mendekati batas akhir penyampaian SPT Tahunan PPh tahun pajak 2016, ia menungkapkan tingkat kepatuhan di wilayah kerjanya mencapai di atas 90 persen. Baik dari badan, maupun orang pribadi. “Tingkat kepatuhan ini lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya,” akunya.

Ia merinci, hingga pertengahan Maret 2017, SPT Tahunan PPh Badan yang sudah dilaporkan sebanyak 2.486 atau 92,2 persen dari total 3.585 WP Badan. Sementara SPT Tahunan PPh Orang Pribadi yang sudah lapor sebanyak 60.243 atau 94,4 persen dari total 79.353 WP Orang Pribadi. Penerimaan pajak tahun 2016 sebesar Rp 788.246.893.812 miliar atau 87,36 persen dari target. Sementara target tahun 2017 sebesar Rp 876.991.893.469 miliar.

“Kami optimistis mendekati 100 persen, bahkan bisa mencapainya,” ujarnya.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II Rida Handanu mengungkapkan, Pekan Panutan ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak dalam menjalankan kewajibannya. Pihaknya sengaja mengundang  pejabat daerah, sebagai contoh kepatuhan dalam membayar dan melaporkan SPT-nya.

Tokoh yang diundang di antaranya, Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina, Asisten Administrasi Umum Bupati Magelang Endra E Wacana, Ketua DPRD Kabupaten Magelang Sariyan Adiyanto, Ketua Pengadilan Negeri Mungkid Aris Gunawan, Kapolres Magelang Kota AKBP Hari Purnomo dan segenap tamu undangan lainnya. Menurutnya, para pejabat daerah tersebut memiliki peran penting dalam peningkatan penerimaan pajak Negara.

“Di Jawa Tengah, penerimaan pajak tahun 2017 ditargetkan sebanyak Rp 11,4 triliun. Sedangkan penerimaan pajak tahun 2016 sebesar Rp 9,7 triliun,”  ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina mengaku, pelaporan SPT Tahunan PPh melalui e-filing dirasakan lebih mudah. Layanan ini bisa diakses di manapun, dan kapanpun. Ia mencoba sendiri layanan tersebut dan mengakui keunggulannya.

“Saya sudah praktikkan sendiri, dan memang lebih cepat, mudah dan praktis. Yang penting siapkan data-data dulu, supaya bisa ngisi cepat. Bahkan e-filing bisa diakses menggunakan smartphone,” akunya. (put/ton)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here