Guru Berprestasi, Siswa Juga Berprestasi

Festival Kreativitas Siswa

475
FESTIVAL SENI : Bupati Demak HM Natsir dikalungi bunga disaksikan Kepala Dinas Pendidikan, Anjar Gunadi di sela membuka festival seni siswa di gedung IPHI Dempet, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
FESTIVAL SENI : Bupati Demak HM Natsir dikalungi bunga disaksikan Kepala Dinas Pendidikan, Anjar Gunadi di sela membuka festival seni siswa di gedung IPHI Dempet, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK-Kemampuan siswa untuk meraih prestasi, di antaranya karena gurunya juga berprestasi. Sebaliknya, siswa berprestasi, maka gurunya juga harus berprestasi.

Demikian disampaikan Bupati Demak HM Natsir di sela membuka festival lomba seni siswa tingkat Kabupaten Demak dalam rangka mengasah minat bakat dan kreativitas siswa yang berlangsung di gedung Ikatan Haji Indonesia Kecamatan Dempet, kemarin. Menurut Bupati, para siswa di Demak sudah kerap juara dalam berbagai bidang, termasuk seni budaya. Karena itu, melalui festival tersebut, diharapkan siswa yang berperstasi dapat melaju ke tingkat nasional. “Jadi, tidak mungkin siswanya berprestasi tapi gurunya tidak berprestasi,” katanya.

Kabid Pembinaan SD/SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Kholidin menambahkan, adanya festival tersebut dapat menjadi sarana mengembangkan ekspresi seni siswa. “Adanya lomba ini, sebagai wujud kecintaan kita terhadap seni budaya bangsa dalam menguatkan karakter serta menggugah daya cipta dan membentuk kelembutan hati,” ujarnya.

Menurutnya, festival lomba seni tingkat kabupaten ini diikuti para siswa SD juara 1 tingkat kecamatan dari 14 UPTD Dikbud se Demak. Karenanya, yang juara 1 kabupaten nanti akan melaju ke tingkat provinsi. Sedangkan, juara 1 provinsi akan bertarung dalam lomba nasional di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Dikbud Demak, Anjar Gunadi mengatakan bahwa banyak lomba yang ditampilkan dalam festival ini. Antara lain, lomba menyanyi tunggal, seni tari, pantomim, baca puisi, membatik, cipta puisi, dan seni lukis. “Kami tingkatkan kemampuan siswa lewat lomba bakat dan seni ini,” katanya. (hib/ida)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here