Diminta Fokus Tangani Terorisme

318
SELAMAT DATANG: Kapolres Temanggung AKBP Maesa Soegriwo beserta istri tiba di Mapolres Temanggung dalam upacara pedang pora, kemarin.
SELAMAT DATANG: Kapolres Temanggung AKBP Maesa Soegriwo beserta istri tiba di Mapolres Temanggung dalam upacara pedang pora, kemarin.

TEMANGGUNG—Terorisme dan radikalisme membahayakan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pentingnya untuk menangkal munculnya gerakan terorisme, Kapolres lama AKBP Wahyu Wim Hardjanto meminta kepada Kapolres baru AKBP Maesa Soegriwo untuk memperhatikan masalah tersebut.

“Saya minta pejabat baru (Kapolres baru, red) untuk fokus terhadap penanganan terorisme di Temanggung,” pinta Wahyu usai upacara pisah sambut Kapolres lama ke Kapolres baru di Mapolres Temanggung, kemarin.

Wahyu menuturkan, Temanggung memang adem-ayem. Namun, kepolisian diminta tidak lengah. Sebab, di awal 2016 lalu, di Temanggung—tepatnya di lereng gunung Sumbing, Desa Gandurejo Bulu—menjadi tempat latihan semi militer oleh ormas Jamaah Ansharusy Syariah (JAS) dari Solo. Meski, kata Wahyu, belum cukup bukti mereka bagian dari gerakan terorisme. Namun, sangat dimungkinkan kegiatan-kegiatan tersebut bisa mengarah menjadi cikal bakal atau embrio tumbuhnya terorisme.

“Sejak kejadian itu hingga sekarang, belum ada lagi kegiatan-kegiatan yang mencurigakan atau tak lazim. Namun, kita harus mewaspadainya,” ungkapnya.

Selain minta fokus menangani persoalan terorisme, Wahyu juga meminta pejabat baru untuk menangani pemberantasan togel, pencurian dengan kekerasan, serta meminimalisasi pencabulan. “Banyak laporan masuk aksi kekerasan terhadap anak di bawah umur. Mohon Kapolres baru juga bisa fokus persoalan tersebut.”

Kapolres baru, AKBP Maesa Soegriwo mengaku siap menjalankan pesan pejabat lama. Ia berjanji akan mengintensifkan patroli untuk langkah preventif munculnya gerakan terorisme. “Kita akan galakkan dan giatkan patroli ke tempat-tempat yang dinilai mencurigakan yang disinyalir dijadikan kegiatan-kegiatan terorisme. Kita juga nanti menggandeng TNI-Satpol PP untuk bersama-sama dengan kita.”

Untuk memaksimalkan tugas kepolisian di wilayah Temanggung, pihaknya akan membentuk tim sepak bola Polres Temanggung. Nantinya, tim akan bertandang ke desa-desa setiap seminggu sekali. AKBP Maesa Soegriwo sebelumnya menjabat Kasat PJR Polda Jateng. Sedangkan AKBP Wahyu Wim Hardjanto mendapat tugas baru di Irbid Ops Itwasda Polda Jateng. (san/isk)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here