Cari Target di FB, Lancarkan Aksi di Hotel

463
PERAYU: Edi Sukanca alias kancil dimintai keterangannya oleh Kapolse Tembalang Kompol Subagyo saat gelar perkara, kemarin. (Adityo Dwi/Jawa Pos Radar Semarang)
PERAYU: Edi Sukanca alias kancil dimintai keterangannya oleh Kapolse Tembalang Kompol Subagyo saat gelar perkara, kemarin. (Adityo Dwi/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Peristiwa yang menimpa Ria, 19, warga Kelurahan Rejosari, Semarang Timur, ini bisa menjadi pelajaran untuk tidak mudah percaya kepada orang yang baru dikenal.

Barang-barang berharganya, mulai sepeda motor, handphone hingga uang dibawa kabur pria kenalannya dari Facebook (FB). Pelaku bernama Edi Sukanca alias kancil, 26, warga Tegalsari, Kayen, Juwangi, Boyolali. Kini Kancil mendekam di jeruji besi Mapolsek Tembalang untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kancil ditangkap aparat Kepolisian Sektor (Sektor) Tembalang di rumahnya pada Senin (13/3) sekitar pukul 15.00, setelah Ria melaporkan aksi kejahatannya pada Rabu (8/3) sekitar pukul 12.00.

Kapolsek Tembalang Kompol Subagyo menjelaskan, peristiwa tersebut bermula perkenalan antar pelaku dan korban di Facebook pada pertengahan Januari 2017 lalu. Keduanya pun saling tukar nomor handphone dan rutin berkomunikasi.
“Hingga akhirnya pelaku mengajak ketemuan korban di kawasan MAJT (Masjid Agung Jawa Tengah,” jelasnya.

Selang beberapa waktu, pelaku mengajak korban ketemuan lagi di Jalan Fatmawati dan dilanjutkan menuju sebuah hotel Bukit Indah, di Jalan Mulawarman Selatan Kecamatan Banyumanik.

“Pelaku mengendarai motor milik korban mereka menuju ke hotel. Ketika korban lengah, masuk ke dalam kamar mandi, pelaku keluar dari hotel sambil membawa harta benda milik korban termasuk sepeda motor,” terangnya.

Akibat kejadian ini, korban kehilangan satu unit sepeda motor Honda Scoopy warna Hitam Putih tahun 2016 bernopol H 3950 QS, beserta surat STNK, SIM, KTP, ATM BRI, satu unit HP Samsung J5 warna putih, dan sebuah dompet berisi uang Rp 800 ribu.Sementara Edi berdalih tidak merencanakan aksi pencurian tersebut, tapi adanya kesempatan.
Pelaku kini telah ditahan di Mapolsek Tembalang guna pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut. Pelaku dijerat dengan Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (mha/zal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here