Tanam 1.000 Pohon di Waduk Wadaslintang

374
PENGHIJAUAN: Warga bersama Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak dan anggota TNI menanam pohon di Waduk Wadaslintang.
PENGHIJAUAN: Warga bersama Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak dan anggota TNI menanam pohon di Waduk Wadaslintang.

WONOSOBO – Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak bekerja sama dengan Koramil Wadaslintang beserta warga menanam 1.000 pohon keras di kawasan aliran Waduk Wadaslintang, Minggu (12/3). Pohon yang ditanam terdiri dari 3 jenis. Yakni 650 pohon matoa, 250 pohon beringin dan 100 pohon gayam.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak Evi Aeria menjelaskan, ada dua tujuan yang melatari penanaman pohon di kawasan waduk. Selain untuk menjaga kelestarian lingkungan, juga sebagai alternatif tanaman produktif warga yang nantinya bisa dimanfaatkan saat tanaman buah sudah tumbuh besar dan berbuah.

Penghijauan di daerah hulu sejatinya juga membantu memperpanjang umur kegunaan waduk. Mengingat, musuh utama waduk tak lain adalah pendangkalan akibat sedimentasi lumpur. “Makanya jangan sampai hutan di sepanjang aliran itu gundul. Kalau gundul pasti akan erosi, kalau sudah erosi akan terjadi pendangkalan waduk,” katanya.

Danramil 12/Wadaslintang Kapten Arm Budiyoto menambahkan, upaya menjaga dan melestarikan ekosistem alam menjadi tanggung jawab semua pihak. Jika alam rusak, semua juga akan ikut merasakan dampaknya. “Pesan saya, pohon yang sudah ditanam, mari kita rawat bersama. Jangan sampai dirusak,” jelasnya. (cr2/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here