Gencarkan Promosi Pariwisata Digital

481
KAMPANYE DIGITAL : Para anggota Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) wilayah Jateng berfoto bersama usai pembentukan di Aston Semarang Hotel and Convention Centre, Senin (13/3). (Ricky fitriyanto/jawa pos radar semarang)
KAMPANYE DIGITAL : Para anggota Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) wilayah Jateng berfoto bersama usai pembentukan di Aston Semarang Hotel and Convention Centre, Senin (13/3). (Ricky fitriyanto/jawa pos radar semarang)

SEMARANG – Kementerian Pariwisata menggandeng para pegiat social media guna menggencarkan kampanye digital di masing-masing daerah. Hal itu ditandai dengan pembentukan Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) wilayah Jateng di Aston Semarang Hotel and Convention Centre, Senin (13/3).

GenPI wilayah Jateng merupakan yang ke 6 setelah 5 chapter terbentuk di Lombok Sumbawa, Jawa Barat, Sumatera Barat, DI Aceh, dan Maluku. Anggota GenPI wilayah Jateng yang terpilih kemarin terdiri dari para travel blogger, travel writer, wartawan, pegiat media sosial, event organizer, hingga videografer.

Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi, Don Kardono mengatakan kampanye digital pariwisata merupakan keniscayaan. Sebab sebagian besar traveler yang merencanakan perjalanan wisata saat ini menggunakan internet sebagai acuan. “Mulai memilih destinasi, pesan tiket pesawat, booking hotel semua dilakukan lewat online. Maka promosi harus mengikuti cara itu,” katanya.

Dia mencontohkan sejumlah negara kini gencar berpromosi wisata melalui dunia maya. Diantaranya lewat video-video pendek seperti yang dilakukan Dubai, Singapura, dan Selandia Baru.

Karena itu, pihaknya menggandeng para pegiat media sosial untuk menggencarkan promosi. Sebab sebagian besar dari mereka memiliki follower yang cukup banyak dan potensial menjadi endorser. “Follower ini sudah seperti konstituen. Kalau follower nya banyak, sudah bisa jadi media sendiri karena bisa menjangkau banyak orang,” ungkapnya.

Anggota Tim Percepatan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, Taufan Rahmadi menambahkan  Generasi Pesona Indonesia merupakan komunitas netizen pariwisata Indonesia yang dibentuk dan didukung Kementerian Pariwisata. Mereka bertugas melakukan promosi online, mengedukasi masyarakat dan wisatawan, serta memberikan solusi melalui kreativitas khas anak muda.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jateng, Urip Sihabudin provinsi ini memiliki 551 daya tarik wisata dan 147 desa wisata. Namun pariwisata Jateng diakui masih kalah dengan Jogjakarta. “Dari hasil kajian Unnes, mengapa tidak bisa maju. Ternyata, daya tarik wisatanya masih biasa saja. Ini tugas Jateng untuk meningkatkan, disamping jumlah, juga kualitas destinasi,” tandasnya.

Dia mendukung penuh pembentukan GenPI wilayah Jateng. Sebab, semua potensi harus diberdayakan. “Ada 7,8 juta generasi milenial yang lekat dengan gadget. Mereka ini potensial diberdayakan. Polanya sederhana, diajak bicara, dan jalan-jalan ke tempat wisata,” tandasnya. (ric)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here