Besok, Pendaftar Rusunawa Dibuka

456
SILAKAN DAFTAR: Rusunawa Tidar di Kelurahan Tidar Selatan sudah siap dihuni. (HANIF ADI PRASETYO/JAWA POS RADAR KEDU)
SILAKAN DAFTAR: Rusunawa Tidar di Kelurahan Tidar Selatan sudah siap dihuni. (HANIF ADI PRASETYO/JAWA POS RADAR KEDU)

MAGELANG – Pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Tidar, di Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, sudah rampung. Rusunawa berkapasitas 92 kamar ini sudah siap ditempati oleh masyarakat sekitar.
Karena jumlah kamar yang terbatas, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dedi Eko Sumarwanto mengatakan, akan melakukan seleksi ketat bagi calon penyewa. Beberapa poin pertimbangan, antara lain, masyarakat berpenghasilan rendah, masyarakat sudah berkeluarga dan anak maksimal dengan usia maksimal 20 tahun. ”Nantinya ada 50 kamar yang akan disewakan. Sedangkan 42 unit sisanya bersifat urgen.”
Fasilitas rusunawa yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini cukup lengkap. Fasilitas berupa satu kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dan tempat menjemur pakaian. Pendaftaran bagi calon penghuni warga Kota Magelang, akan dibuka besok, 15-31 Maret 2017. ”Peminatnya akan lebih ramai dibanding rusunawa di Potrobangsan, karena rusunawa Tidar ini letaknya strategis dekat pasar,” ungkap Dedi.
Dedi menyampaikan, bangunan lima lantai di atas lahan seluas 3.500 meter ini, memiliki tarif sewa bervariatif. Bergantung letak kamar. Lantai dasar, misalnya, khusus penyandang difabel dikenakan tarif Rp 100 ribu per bulan atas rekomendasi Dinas Sosial setempat. ”Sedangkan lantai dua biaya sewa Rp 175 ribu, lantai tiga Rp 150 ribu, lantai empat Rp 125 ribu dan lantai lima Rp 100 ribu per bulan. Uang sewa nantinya akan dimasukkan ke pendapatan daerah Kota Magelang.” (cr1/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here