​Ansor Kendal Hijaukan Gunung Prau

469
SIMBOLIK : Aksi penanaman pohon yang dilakukan GP Ansor Kendal dan Komunitas Pecinta Alam Kendal di Gunung Prau, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SIMBOLIK : Aksi penanaman pohon yang dilakukan GP Ansor Kendal dan Komunitas Pecinta Alam Kendal di Gunung Prau, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL—Prihatin akan banyaknya bencana longsor dan banjir di beberapa wilayah di Kendal, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kendal melakukan penanaman pohon. Kegiatan ini serentak dilaksanakan bersama GP Ansor Temanggung, Wonosobo, Batang dan Magelang dengan menaman ratusan bibit pohon di lereng Gunung Prau.

Ketua GP Ansor Kendal, Muhammad Ulil Amri mengatakan, aksi penanaman ini sebagai langkah nyata menjaga lingkungan. Sebab sering dijumpai beberapa musibah yang terjadi seperti banjir dan tanah longsor.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian acara peringatan harlah GP Ansor yang ke- 83 tahun. Ansor sebagai Ormas di bawah naungan NU memiliki tanggung jawab terhadap keberlangsungan hidup dan ekosistem di bumi ini. Sebab kami melihat bahwa selain bicara ideologi kebangsaan dan keagaman, Ansor juga berkewajiban menjaga lingkungan hidup,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris GP Ansor Misbahul Munir mengatakan bahwa Ansor telah membentuk Banser Tanggap Bencana (Bagana). Tim Bagana ini telah dibentuk di setiap wilayah. Tujuannya, mereka yang masuk Bagana ini harus menjaga lingkungan hidup dan bakti kepada negeri. “Selain itu membantu para korban yang terkena bencana,” tandasnya.

Dikatakannya, pemilihan lokasi di Dukuh Kenjuran, Desa Purwosari, Kecamatan Sukorejo lantaran wilayah hutan yang menjadi kawasan KPH Kedu Utara ini sangat memprihatinkan dengan kondisi tanah dan keadaan hutan yang kian terkikis.

Terkikisnya kawasan Gunung Prau, menurutnya menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana longsor dan banjir. Seperti yang terjadi di Dukuh Kenjuran, Purwosari baru-baru ini.

Dalam aksi penanaman pohon, GP Ansor Kendal juga merangkul beberapa komunitas pecinta alam di Kendal. Aksi menanam ini diikuti pasukan Bagana, Colodete rescue, Kejajar, Garung, Sukoharjo serta Pengurus Cabang GP Ansor Wonosobo, Temanggung, Batang dan Magelang. (bud/ida)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here