Tim Damkar Semarang Juarai Hose Laying Nasional

308
BUKTIKAN SKILL: Tim Damkar Kota Semarang saat menerima trofi penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, setelah meraih juara I Kejuaraan Skill Competition.
BUKTIKAN SKILL: Tim Damkar Kota Semarang saat menerima trofi penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, setelah meraih juara I Kejuaraan Skill Competition.

SEMARANG – Cepat, tepat dan sigap. Tiga skill dasar dalam pertolongan bencana kebakaran tersebut  baru saja dibuktikan tim Pemadam Kebakaran Kota Semarang saat memenangkan Kejuaraan Skill Competition. Lomba tingkat nasional tersebut digelar dalam rangka peringatan HUT ke-98 Pemadam Kebakaran Nasional (Damkarnas) yang digelar meriah di Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Rabu (1/3) lalu.

Tropi berbentuk hydrant dan piagam penghargaan juara I skill competition kategori hose laying diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahyo Kumolo kepada Joko Purwono selaku perwakilan tim hose laying Kota Semarang. Dalam apel besar tersebut kurang lebih 1.500 personel Damkar se-Indonesia berpartisipasi dan mengikuti berbagai lomba ketangkasan yang diikuti.

Pada skill competition tersebut, tim Pemadam Kota Semarang berhasil unggul dan mengalahkan  44 tim lain perwakilan dari kota/kabupaten se-Indonesia. Dalam kejuaraan tersebut, setiap tim yang terdiri atas 12 personel membuktikan kecepatan dalam melakukan penyelamatan korban sekaligus memadamkan api.

Mendagri dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kinerja Damkar yang selama ini memiliki jiwa korsa, semangat juang, dan mengedepankan profesionalisme dalam bekerja. Mendagri juga menyampaikan penghargaan kepada petugas atas pengabdiannya dalam melindungi dan menyelamatkan masyarakat, dan aset nasional/ daerah dari bahaya kebakaran.

”Personel pemadam kebakaran memiliki risiko tinggi bahkan mempertaruhkan nyawa, namun tetap dilakukan dengan semangat juang tinggi dan profesional,” kata Mendagri saat upacara.

Apresiasi yang sama diberikan Wali Kota Semarang Hendrar Pribadi kepada tim Damkar Kota Semarang. ”Penghargaan tersebut merupakan bentuk kerja keras tim selama ini dalam melayani masyarakat. Itu tidak mudah karena diperlukan ketangkasan, ketanggapan serta soliditas di antara tim,” tuturnya. Dengan diterimanya penghargaan tersebut, Hendi, sapaan akrab wali kota berharap ke depan jajaran Damkar dapat mempertahankan prestasinya dalam melayani masyarakat. (zal/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here