Temaram, Lampu Taman Dikeluhkan

272
DIPERCANTIK: Lampu-lampu berbentuk bunga dalam kerangjang didesain untuk mempercantik taman di Jalan Majapahit. (PUPUT PUSPITASARI/JAWA POS RADAR KEDU)
DIPERCANTIK: Lampu-lampu berbentuk bunga dalam kerangjang didesain untuk mempercantik taman di Jalan Majapahit. (PUPUT PUSPITASARI/JAWA POS RADAR KEDU)

MAGELANG–Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menambah spot foto bagi warga Kota Sejuta Bunga. Sebanyak enam lampu berbentuk bunga yang ditata dalam keranjang, dipasang di taman Jalan Majapahit, Kampung Samban, Magelang Tengah. Warnanya pun beragam. “Jam-jam pulang sekolah, sudah mulai ramai untuk foto-foto anak sekolah,” kata pedagang topi, Permadi, di sekitar kawasan ini, kemarin.

Adanya lampu itu, ia merasakan dampaknya. Beberapa pengunjung, membeli topi maupun barang-barang yang ia jual untuk properti foto. “Tapi, sayangnya, kalau malam hari, susah foto-foto di sini. Selain tempatnya gelap, lampu bunganya kurang terang.”

Kepala Seksi Pertamanan dan Penerangan Jalan Umum DLH Kota Magelang, Yetty Setyaningsih, menjelaskan, deretan taman akan ditambah lampu bentuk tank dan sayur. Penataan taman dilakukan untuk menghidupkan kawasan Jalan Majapahit pada malam hari.

“Bentuk yang dipilih untuk menggambarkan keberagaman profesi masyarakat Magelang Kota Sejuta Bunga sebagai pendukung daerah sekitarnya,” jelas Yetty.

Pembuatan lampu melibatkan seniman lokal. Agar awet, Yetty memilih akrilik sebagai bahan bakunya. Juga sengaja dibuat redup, untuk memberikan kesan romantis dan nyaman. Meski begitu, adanya masukan soal kurang terangnya lampu, pihaknya akan melakukan evaluasi. “Sebetulnya, lampu ini lampu LED 12 watt atau terangnya setara dengan 90 watt lampu biasa. Memang nantinya akan dibikin kesan cozy, temaram.”

Ke depan, taman tersebut akan disempurnakan. Termasuk, membuat ciri khas untuk Kota Magelang yang belum dimiliki daerah lain. Pantauan koran ini, trotoar Jalan Majapahit juga terlihat lebih segar dengan graffiti. (put/isk)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here