Sosialisasikan Gaya Hidup Sehat

231
ANTUSIAS: Pengunjung memadati stan RSUP dr Kariadi Semarang yang menggelar pelayanan kesehatan gratis di CFD Jalan Pahlawan, kemarin. (SHEILA LESTARI GIZA PUDRIANISA/JAWA Pos RADAR SEMARANG)

SEMARANG RSUP dr Kariadi memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi pengunjung Car Free Day (CFD) Jalan Pahlawan Semarang, Minggu (12/3). Kegiatan itu bertujuan mengedukasi serta mengajak masyarakat memahami serta mengetahui pentingnya tindakan preventif. Selain itu, kegiatan tersebut digelar untuk memperingati bulan kesehatan pada Maret 2017.

”Kegiatan ini sengaja kami gelar untuk memberikan edukasi serta sosialisasi kesehatan tentang pencegahan dengan melakukan tindakan preventif lebih baik dari pada terlanjur mengobati. Seperti di stan ginjal, kami memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya organ ginjal yang diciptakan sepasang, jika yang berfungsi cuma satu maka kinerja ginjal akan berat,” tutur Direktur Umum RSUP dr Kariadi, Arif Rahman Sadat.

Dewasa ini, masyarakat tidak menyadari akan pentingnya menjaga organ tubuh agar badan tetap sehat. Konsumsi makanan, minuman serta obat-obatan yang berlebihan tentu akan merusak kesehatan ginjal. Ginjal merupakan organ genital yang harus dijaga lantaran setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh akan disaringnya. Jika terjadi kerusakan pada ginjal, penderita harus menjalani cuci darah seumur hidup.

Masih menurutnya, kegiatan pelayanan kesehatan gratis ini merupakan beberapa agenda acara yang diadakan RSUP dr Kariadi terkait Hari Kesehatan Dunia. Maret ini, kata dia, ada lima peringatan yaitu Hari Kesehatan Mata dan Pendengaran, Hari Kesehatan Mulut, Hari Ginjal, Hari Tuberkulosis serta Pekan Glukoma yang diperingati di seluruh dunia. Oleh sebab itu, pihaknya memberikan pelayanan kesehatan kepada para pengunjung CFD secara gratis sebagai apresiasi.

Pelayanan kesehatan gratis lainnya yang ditawarkan bagi pengunjung adalah cara menjaga kesehatan mulut, mata, telinga, hidung, tenggorokan serta konsultasi mengenai gizi. Tidak hanya dokter umum, dokter spesialis, coas, serta residen juga turut hadir.

Farikhah Hanum selaku Ketua Panitia menjelaskan, kegiatan pelayanan kesehatan gratis yang diadakan RSUP dr Kariadi ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat. Pemilihan lokasi di sekitaran kawasan CFD lantaran banyak keluarga yang berkunjung ke Jalan Pahlawan untuk bersantai dan berolahraga. Momen tersebut dirasa cocok jika diselipkan edukasi mengenai kesehatan.

”Apa yang dikonsumsi dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh mulai dari mata, mulut, ginjal serta organ lainnya. Jika kita mengonsumsi makanan bergizi, daya tahan tubuh akan terjaga, dan sebaliknya. Sehingga menjadi sehat itu mudah tanpa harus menghindari berbagai makanan yang ada,” ujarnya.

Selain menjaga asupan makanan, Farikhah juga berpesan untuk selalu menjaga gaya hidup sehat. Berolahraga serta istirahat cukup juga penting. Kebersihan diri juga mutlak diperhatikan agar tubuh tetap seimbang dan tidak mudah terserang berbagai virus penyakit. (mg29/ric/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here