Mahasiswa UPGRIS Juara 3 Lomba Digital Book se-Asia Tenggara

431
Tevan Adi Satria
Tevan Adi Satria

MENGIKUTI perkembangan teknologi menjadi  hal yang mutlak bagi setiap generasi muda masa kini. Apalagi, hampir setiap bidang kini menggunakan teknologi, dari media pembelajaran hingga sistem informasi. Perkembangan Informasi dan teknologi memudahkan kehidupan manusia dalam segala bidang.

Universitas PGRI Semarang mendukung sepenuhnya mahasiswa yang memiliki bakat dan minat di bidang teknologi. Salah satunya dengan mendorong  mahasiswa untuk terus mengikuti kompetisi-kompetisi di bidang teknologi.

Baru-baru ini, salah satu mahasiswa UPGRIS Tevan Adi Satria dari jurusan Pendidikan Matematika, berhasil meraih Juara III dalam lomba SEAMOLEC (Southeast Asian Mininister of Education Organization Regional Open Learning Centre) tingkat Asia Tenggara.  Dalam lomba tersebut, Tevan berhasil membuat sebuah desain buku digital.

Digital book  merupakan salah satu pemanfaaatan perkembangan informasi dan teknologi dalam pendidikan. Selain praktis, digital book ini dapat diinstal di komputer maupun gadget. Sehingga pengguna dapat menggunakannya di mana saja dan kapan saja.

Digital bookini berbasis pembelajaran realistik. Selain mengedepankan pembelajaran realistik yang dekat dengan kehidupan siswa, digital book ini juga dilengkapi oleh animasi-animasi tentang konsep pembelajaran matematika. Sehingga diharapkan pengguna bisa menggunakan digital book sebagai sarana pendidikan.

Lomba Seamolec ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari siswa SMA hingga siswa perguruan tinggi  dan Guru Tingkat SMA dan perguruan tinggi se-Asia Tenggara. Ada 3 kategori lomba yaitu whiteboard Animation, digital book, dan  edu game, saya mendaftar 2 kategori lomba yaitu white board animation dan digital book. Dan Digital book yang berjudul “PINTAR (Pemahaman INTi dasAR) Matematika Edisi BRSL Untuk Kelas  IX SMP berhasil Meraih  Juara III”.

Prestasi Evan memang bukan datang tiba-tiba. Sebelum menjuarai digital book tingkat Asia Tenggara ini, ia pernah masuk dalam 40 besar lomba mobile edukasi kategori umum tingkat nasional yang diadakan oleh BPMPK Kemendikbud tahun 2016. Mahasiswa kelahiran Klaten 24 September 1994, ini juga pernah  Juara 1 Lomba Media Pembelajaran tingkat Jawa Tengah yang diadakan oleh UPGRIS tahun 2016. Ia juga pernah Juara 1 lomba design Poster Himatika UPGRIS tahun 2016.

Dalam kesempatan lain, Rektor Universitas PGRI Semarang Dr Muhdi SH MHum juga terus mendorong setiap mahasiswa dan dosen untuk terus melebarkan prestasi di  tingkat internasional. Internasionalisasi kampus wajib untuk segera dilaksanakan demi menjawab tuntutan zaman. Apalagi, sekarang UPGRIS juga telah menggagas adanya PPL Internasional sudah sejak enam tahun silam. PPL ini diselenggarakan bagi mahasiswa-mahasiswa yang berminat memiliki kemampuan lebih. Dengan PPL di luar negeri, mahasiswa dituntut untuk menguasai dua bahasa, sekaligus mengembangkan metode pembelajaran. Negara-negara yang dituju di antaranya UTM Malaysia dan Burapha University Thailand.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here