Kader Loncat Partai Dianggap Bermasalah

280

SEMARANG – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat (PD) Jateng tidak merasa terganggu dengan adanya kader yang loncat ke Partai Hanura. Hal itu justru dianggap kabar bagus, karena mereka terseleksi secara alamiah. Sebab, kader yang loncat sudah mundur dan bukan lagi kader Partai Demokrat.

Direktur Eksekutif DPD PD Jateng, Ali Mashadi mengatakan, PD Jateng tetap solid dan kompak meski ada kabar tersebut. Adanya kader yang pindah ke partai lain merupakan seleksi alam. Sebab, kader yang loyal dan kepentingannya membesarkan partai, pasti akan sukarela bertahan. ”Kami tidak terganggu dan malah bagus. Karena ini merupakan seleksi alam mana yang solid dan mana yang tidak,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini agenda yang dilakukan adalah bersih-bersih internal partai. Pembenahan dilakukan dari internal dengan menyeleksi mana yang loyal dan mana yang tidak. Justru kader yang loncat ke partai lain hanya memanfaatkan partai baru sebagai alat politik saja. ”Memang banyak yang seperti itu. Kami berusaha membersihkan internal agar lebih baik lagi,” ujarnya.

Menurutnya kader yang pindah ternyata banyak yang bermasalah dan sudah mundur. Mantan Ketua DPRD Semarang Rudi Nurahmat misalnya, dikatakan sudah mundur dari Demokrat sejak 2013. Bahkan, yang bersangkutan sudah pernah maju calon legislatif dari partai lain. ”Secara aturan sebenarnya bukan lagi kader. Karena sudah mundur dan bahkan pernah ke partai lain sebelum ke Hanura,” tambahnya.

Ia menambahkan, kader yang bermasalah biasanya tidak melaksanakan instruksi partai terutama pada saat pilkada di mana tidak mendukung sesuai rekomendasi dan langsung diproses sanksinya. Indisipliner dan melakukan tindak pidana terlebih korupsi, otomatis harus mengundurkan diri atau dipecat dari partai. ”Untuk kasus korupsi kami tidak memberikan bantuan apa pun termasuk pendampingan hukum kecuali dikriminalisasi,” tambahnya.

Sejumlah kader PD Jateng menyatakan diri pindah bergabung dengan Partai Hanura karena merasa tidak nyaman lagi dan hilang rasa kebersamaan serta kekeluargaan pada partai ini. Di antaranya adalah mantan Ketua DPRD Kota Semarang Rudi Nurahmat, mantan anggota DPRD Pemalang Sucipto, Wakil Ketua DPC PD Pemalang Widayat, Wakil Ketua PD Kabupaten Rembang Suntoro, dan Sekretaris DPC Kabupaten  Jepara Putranto. Kepindahan mereka diterima langsung bergabung oleh Ketua DPD Hanura Jateng Supito, Pimpinan Wilayah Jateng-DIJ Sudewo (Ketua), Wasekjen Sunar Nugroho, Wabendum dan Waketum Gede Pasek Suardika. (fth/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here