Bagikan Sayur Mayur pada Masyarakat

289
NGURI URI BUDAYA : Kegiatan Safari Budaya membuka rangkaian Ruwat Rawat Borobudur, Kamis (9/3) lalu. (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)
NGURI URI BUDAYA : Kegiatan Safari Budaya membuka rangkaian Ruwat Rawat Borobudur, Kamis (9/3) lalu. (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)

MUNGKID— Rangkaian kegiatan Ruwat Rawat Borobudur dimulai dengan acara Safari Budaya. Kegiatan tersebut dalam rangka nguri-nguri tradisi budaya.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Yayasan Brayat Penangkaran Borobudur itu dimulai di Lapangan Kenari Taman Wisata Candi Borobudur, Kamis (9/3) lalu. Kegiatan diramaikan dengan pentas beberapa kesenian tradisional Magelang.

Kemudian dilanjutkan Sedekah di Kali Sibendo Desa Kebonsari, Sedekah Ringin Kembar Desa Wringinputih, Sedekah Sendang Suruh Desa Giritengah, Sedekah Kedung Winong Desa Sambeng, bakti sosial membagikan 300 paket sayur mayur,serta Dialog Budaya.

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat, marilah candi ini kita jaga bersama sama dan kita lestarikan budaya yang ada di dalamnya,” terang Pendiri Yayasan Brayat Panangkaran Borobudur yang juga penggagas Ruwat-Rawat Borobudur, Sucoro.

Dalam Safari Budaya Borobudur pada Kamis (9/3), paket sayuran itu mereka bawa dengan menggunakan mobil bak terbuka. Sayur mayur dibagikan kepada masyarakat sekitar Candi Borobudur oleh para seniman petani yang mengenakan pakaian kesenian tradisional, seperti tarian jatilan, campur, dan ndolalak.

Selain ke Kebonsari, para peserta safari juga ke beberapa desa lainnya di kawasan Candi Borobudur, seperti Desa Ringin Putih, Giri Tengah, dan Sambeng. Rombongan Safari Budaya Borobudur memulai kegiatan mereka dari pelataran barat daya Candi Borobudur, dilepas oleh Kepala Balai Konservasi Borobudur Marsis Sutopo. “Sebagai pengelola Balai Konservasi Candi Borobudur saya beserta jajaran sangan apresiasi kepada seluruh panitia atas kegiatan yang menarik ini, dan kami berharap ini mejadi acara rutin tahunan dan semakin berkembang,” kata Marsis. (vie/ton)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here