93 Pandu Juang Dikerahkan ke DKI

411
DOKUMEN PRIBADI RADAR SEMARANG
DOKUMEN PRIBADI RADAR SEMARANG

SEMARANG – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jateng akan menempatkan 93 personel Pandu Juang untuk mengawal Pilgub DKI Jakarta putaran kedua. Unsur Pandu Juang tersebut terdiri atas perwakilan pengurus DPD Jateng, anggota DPRD, kepala daerah, dan DPC di seluruh Jateng. Mereka bertugas mengawal kemenangan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) – Djarot Syaiful Hidayat.

Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto menjelaskan, Pilgub DKI Jakarta putaran kedua memang harus dikawal ketat. Sebab ada indikasi adanya tambahan pemilih baru lebih dari 230 ribu orang. Jumlah pemilih baru tersebut, jika dipresentasi jadi suara sah, bisa mencapai 4,31 persen.

Kan sangat signifikan. Tambahan pemilih itu belum pernah terjadi di pilkada mana pun. Karena itu, kami mencermati fenomena ini,” ucapnya ketika ditemui setelah Konsolidasi dan Koordinasi Tempur Gotong Royong untuk Pilkada DKI di Panti Marhaen, Jumat (10/3).

Dijelaskan, saat Pilgub DKI putaran pertama lalu, pihaknya sudah mengirimkan 64 personel Pandu Juang ke Jakarta. ”Tapi wafat satu, jadi 63 personel. Di putaran kedua ini, kami mengirim lagi 30 personel. Jadi totalnya ada 93 personel Pandu Juang,” tegas pria yang akrab disapa Bambang Pacul tersebut.

Unsur Pandu Juang diisi sejumlah pejabat penting. Seperti Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi, serta beberapa bupati/wali kota dan anggota dewan di lingkup Jateng. Hanya saja, personel Pandu Juang yang duduk di bangku legislatif dan eksekutif tidak bisa full support di Jakarta. ”Karena beliau-beliau harus mengemban tugas rutin sebagai pejabat, mereka hanya support dengan tugas-tugas khusus saja,” imbuhnya.

Mereka akan diberangkatan ke Jakarta antara 15-18 Maret mendatang, sesuai jadwal masing-masing wilayah. Begitu sampai di Jakarta, Pandu Juang akan langsung masuk ke kantor DPD PDIP DKI untuk mendapat pengarahan. Setelah itu, turun ke lapangan untuk menjalankan tugas masing-masing.

Dibeberkan Bambang, sementara ini Pandu Juang hanya ada di Jateng. Seluruh personel telah dididik khusus untuk memandu perjalanan sebuah pertempuran pemilihan langsung. Entah pilkada, pilgub, pileg, hingga pilpres.

Sementara itu, Humas Posko Tegak Lurus DPD PDIP Jateng, Didiek Hardiana menambahkan, selain menyiapkan Pandu Juang, posko pemenangan pasangan Ahok-Djarot di Slipi, Jakarta Barat juga diperkuat. ”Di pilgub putaran pertama lalu, ada tiga provinsi mengepung Jakarta. Di putaran kedua ini, kami pastikan jumlahnya bertambah,” tegasnya. (amh/ric/ce1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here