Warga Rela Sumbangkan Lahan

436
CEK LOKASI: Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Dwi Hariyono saat meninjau bakal lokasi TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2017 di Desa Binangun Watumalang, kemarin. (AHMAD ZAINUDIN/RADAR KEDU)
CEK LOKASI: Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Dwi Hariyono saat meninjau bakal lokasi TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2017 di Desa Binangun Watumalang, kemarin. (AHMAD ZAINUDIN/RADAR KEDU)

WONOSOBO – Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Dwi Hariyono meyakini program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) mampu  meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik dalam bidang ekonomi maupun transportasi. Terlebih program TMMD selalu didasarkan pada permintaan dari warga masyarakat, sehingga tepat sasaran.

Seperti contoh, program TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2017 di Desa Binangun Watumalang yang akan dimulai pada April mendatang. Program yang dikerjakan cukup besar yaitu membuat badan jalan sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 6 meter. Jalan tersebut terletak di 2 lokasi. Terbagi 1.200 meter di Dusun Pasar Lawas yang merupakan jalur lingkar untuk mengurangi kemacetan di Pasar Binangun dan 1.000 meter lainnya di Dusun Binangun.

“Kita masih punya sasaran lain, di antaranya pembuatan gorong-gorong 6 buah, pembuatan senderan 2 buah, rehab musala 1 unit, poskamling 1 unit, jambanisasi 13 unit, RTLH 6 unit,” ucap Dwi saat meninjau persiapan TMMD di Desa Binangun, Kamis (9/3). Kegiatan ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 4,891 miliar. Terdiri dari Rp 3,7 miliar dari swadaya masyarakat, Rp 187,2 juta dari pemerintah provinsi Jateng, Rp 150 juta dari Pemkab Temanggung dan Rp 765 juta dari dana desa.

Kepala Desa Binangun Umaryadi menyambut positif program TMMD ini. Apalagi, jalan lingkar penghubung dalam desa, nantinya bakal memperlancar arus di Pasar Binangun yang selama ini sering macet. Apalagi warga juga rela menyumbangkan sebagian lahannya untuk pembuatan jalan tanpa meminta ganti rugi. “TMMD saya pikir sangat tepat dan sesuai kebutuhan,” jelasnya. (cr2/ton)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here