Kenalkan Produk Unggulan Semarang

727
PRODUK LOKAL: Salah satu produk UMKM Kota Semarang yang siap bersaing dengan daerah lain. (Nur Chamim/Jawa Pos Radar Semarang)
PRODUK LOKAL: Salah satu produk UMKM Kota Semarang yang siap bersaing dengan daerah lain. (Nur Chamim/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG Produk lokal Kota Semarang memiliki potensi yang tak kalah dengan daerah lain. Hanya saja selama ini para produsen atau pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) seringkali terkendala pemasaran. Guna mendukung promosi produk unggulan UMKM Kota Atlas, pemkot akan menggelar pameran inovasi UMKM dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Event yang mengusung tema ”Semarang Gemerlap Expo 2017” tersebut diselenggarakan selama tiga hari mulai 10-13 Maret 2017 mulai pukul 10.00 hingga pukul 21.00 di Atrium Java Mall Semarang.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang, Litani Satyawati menyebutkan bahwa pameran ini diselenggarakan guna meningkatkan akses pemasaran bagi produk unggulan Kota Semarang dan potensi daerah lain. ”Semarang memiliki banyak potensi yang layak dipromosikan, melalui pameran ini, kita memberi kesempatan bagi para pelaku usaha di Kota Semarang untuk memasarkan berbagai potensi yang dimilikinya,” ujar Litani.

Produk unggulan Kota Semarang yang dipamerkan di antaranya batik Semarangan, tas kulit dipadu kain polyester, tas kulit dipadu kain batik, tas kulit dipadu kain tenun, tas kulit dipadu benang rajut, kemudian aneka produk sulam pita, sepatu, aksesori perca batik, dan berbagai kerajinan tangan lainnya. ”Masyarakat jangan sampai melewatkan kegiatan pameran ini, karena banyak produk unggulan khas Kota Semarang,” ujarnya.

Selain pameran, pengunjung juga bakal dihibur berbagai penampilan di antaranya fashion show menggunakan kain lilit dari Bayu Ramli, paduan suara oleh SMP Negeri  2, tarian tradisional kontemporer dari Maheswari Dancer serta kids performance.

Pameran UMKM tersebut rencananya akan diikuti sebanyak 70 stan yang berasal dari provisi, kabupaten, kota dan BUMN di antaranya Provinsi Aceh, Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta, Provinsi Jawa Timur, Kota Bukittinggi, Kota Malang, Kota Palembang,  Kota Denpasar, Kota Semarang, Kota Surabaya, Kota Mataram, dan Kota Tangerang Selatan.

Sementara dari kabupaten terdiri atas Kabupaten Bangli, Kabupaten Banjar, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Batang,  Kabupaten Bogor, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Grobogan, Kudus, Kabupaten Kupang, Kabupaten Sambas, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Sragen, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pesisir Barat, Bank Jateng, Pertamina, Semen Indonesia, dan Pegadaian. (zal/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here