Jangan Takut Gunakan Dana Desa

365
PEMBANGUNAN: Bupati Bambang Sukarno melihat gambar pembangunan dana desa 2016 se-Kecamatan Kandangan di Dusun Sodong Desa Gesing, Rabu (8/3). (Ahsan fauzi/radar kedu)
PEMBANGUNAN: Bupati Bambang Sukarno melihat gambar pembangunan dana desa 2016 se-Kecamatan Kandangan di Dusun Sodong Desa Gesing, Rabu (8/3). (Ahsan fauzi/radar kedu)

TEMANGGUNG – Bantuan dana desa dari Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Temanggung pada 2017 mengalami peningkatan. Pada 2016 total dana desa sebesar Rp 162,64 miliar, tahun ini menjadi Rp 207 miliar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Temanggung Agus Sarwono menjelaskan, alokasi dana desa tahun ini dalam tahap penyusunan sembari menunggu penetapan APBD Kabupaten serta Provinsi. Diperkirakan dana desa bisa dicairkan pada April mendatang. “Jumlah alokasi dana desa tersebut baru sekitar enam persen dari APBN, kalau sudah mencapai 10 persen, masing masing desa bisa menerima kucuran hingga Rp 1,5 miliar,” kata Agus usai menghadiri peresmian pembangunan infrastruktur dana desa tahun 2016 dan peletakan batu pertama kegiatan dana desa tahun 2017 se-Kecamatan Kandangan di Dusun Sodong Desa Gesing, Rabu (8/3).

Selama 2016, di Kandangan, sedikitnya 94 proyek pembangunan berhasil diselesaikan. Proyek pembangunan ini tersebar di 16 desa yang berada di wilayah Kandangan. Total dana desa yang digunakan mencapai Rp 9,9 miliar.

Sementara itu, Bupati Temanggung Bambang Sukarno meminta kepada seluruh kepala desa agar tidak takut untuk mengeksekusi dana desa yang telah diterima. Yang penting, pelaksanaan program dilakukan secara transparan serta dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

“Jangan takut nanti diperiksa KPK atau disinyalir melakukan pungli, asal benar-benar digunakan sebagaimana mestinya. Kami serahkan kewenangan penuh kepada pihak desa dan Pemkab siap menjamin sekaligus memberikan kepastian hukum,” jelas Bambang. (san/ton)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here