Butuh Kesiapan Mental Hadapi UNBK

305

SEMARANG – DPRD meminta pihak sekolah untuk lebih intensif mendampingi serta memantau perkembangan anak-anak menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dengan begitu beban kejiwaan anak bisa terkurangi dan bisa meningkatkan mental saat menjalani ujian online.

”Pendampingan secara psikologis harus tetap berjalan walaupun UNBK bukan syarat utama kelulusan siswa. Karena bertahun-tahun unas sudah menjadi momok siswa dan tetap saja timbul kekhawatiran. Karena itu, saya berpendapat bahwa pemerintah butuh persiapan yang cukup sebelum memutuskan kebijakan baru tersebut,” kata anggota Komisi E DPRD Jateng Sri Marnyuni.

Menurutnya, kesiapan psikologis jauh lebih penting. Dengan sistem baru yang mengharuskan siswa menggunakn komputer, maka kondisi psikologi siswa harus juga diperhatikan terutama bagi sekolah yang harus menginduk dengan sekolah lain,” tambahnya.

UNBK merupakan produk kebijakan pemerintah pusat sebagai salah satu ketentuan dalam standardisasi kelulusan siswa baik di tingkat dasar hingga menengah. Dengan sistem baru yang dikeluarkan ini maka juga berdampak dari psikologis siswa dalam menghadapi ujian nasional.

Dengan menginduk sekolah lain pastinya akan lebih membutuhkan tenaga ekstra dalam melewati ujian yang sebentar lagi berlangsung. ”Persiapan matang bagi siswa harus tetap dipantau oleh pihak sekolah tidak hanya dari orang tua siswa saja,” ujarnya.

Anggota Komisi E DPRD Jateng, Muh Zen Adv mengatakan, dengan adanya kebijakan ini tentu saja harus ada persiapan khusus baik secara teknis dan personal. Pihaknya mengapresiasi kesiapan Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) serta Badan Pengawas baik SMA/SMK yang berada dalam pengawasan BP2MK Wilayah I, meliputi kota dan Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Grobogan, Demak dan Kendal. ”Kami memuji persiapan para anggota pengawas ujian nasional. Dengan adanya kerja sama baik maka akan membantu siswa melewati ujian nasional dengan baik,” tambahnya. (fth/zal/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here