Tiga Desa Bangun Perpuseru Dapat Bantuan

563
TINJAU PERPUSERU : Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, saat meninjau perpustakaan di Desa Kedungjaran, Kecamatan Sragi, kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TINJAU PERPUSERU : Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, saat meninjau perpustakaan di Desa Kedungjaran, Kecamatan Sragi, kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KAJEN–Tiga desa mendapatkan bantuan tiga unit komputer beserta jaringan internet yang diserahkan Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, di Perustakaan Desa Kedugjaran, Kecamatan Sragi, Selasa (7/3) kemarin. Lantaran ketiga desa tersebut dinilai mampu mengembangkan perpustakaan desa dan mempunyai anggota serta kunjungan yang banyak.

Adapun tiga desa tersebut meliputi Desa Kedungjaran, Kecamatan Sragi; Desa Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo; dan Kelurahan Kedungwuni Timur Kecamatan Kedungwuni. Bantuan komputer yang diserahkan Bupati Asip tersebut, merupakan bantuan yang diberikan dari pihak Coca-Cola Foundation, dalam rangka program Perpuseru.

Perpuseru tersebut merupakan program pengembangan perpustakaan di Indonesia, dengan tujuan menjadikannya pusat belajar dan berkegiatan masyarakat yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Dimana Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal ini Pemkab Pekalongan bermitra dengan Coca-Cola Foundation Indonesia dan telah dilakukan sejak tahun 2016.

Plt Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Kabupaten Pekalongan, Bambang Guritno, mengungkapkan bahwa bantuan tersebut diberikan kepada tiga desa yang dinilai mampu mengembangkan perpustakaan untuk kemajuan desa melalui buku perpustakaan desa.

Sedangkan untuk mendukung kelengkapan perpustakaan tersebut, maka diberikan fasilitas komputer dan jaringan internet sebagai salah satu layanan publik. Perpustakaan memiliki peran strategis dalam berkontribusi meningkatkan kualitas hidup masyarakat. “Dengan adanya fasilitas internet ini, kami harap warga bisa memanfaatkan untuk akses informasi, sehingga bisa membantu pengembangan dan kesejahteraan di desa,” ungkap Bambang Guritno.

Sementara itu, Bupati Asip mengatakan bahwa Pemkab Pekalongan telah bekerjasama dengan pihak Coca-Cola Foundation untuk menjadikan perpustakan di Kabupaten Pekalongan menjadi perpustakaan yang diminati masyarakat dengan program Perpuseru. Karena itu, Pemkab akan terus mendorong desa-desa di wilayahnya, memajukan perpustakaan. Sehingga, minat masyarakat untuk membaca terus meningkat. Terlebih dengan adanya dana desa yang peruntukannya bisa untuk pengembangan perpustakaan desa. “Dengan pengelolaan perpustakaan yang baik dan menarik, diharapkan perilaku masyarakat berubah. Sehingga berdampak pada pemberdayaan masyarakat menjadi lebih baik dan bermanfaat pada masyarakat,” kata Bupati Asip. (thd/ida)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here