Saka Kalpataru Lestarikan Lingkungan Hidup

348
PELANTIKAN : Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Demak, M Ridwan memimpin apel Saka Kalpataru dan melantik anggota baru di Desa Babat, Kecamatan Kebonagung. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PELANTIKAN : Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Demak, M Ridwan memimpin apel Saka Kalpataru dan melantik anggota baru di Desa Babat, Kecamatan Kebonagung. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK-Kwarcab Gerakan Pramuka Satuan Karya (Saka) Kalpataru Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Demak telah melantik anggota baru. Pelantikan yang berlangsung di Desa Babat, Kecamatan Kebonagung ini dihadiri langsung Kamabi Saka Kalpataru selaku Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, M Ridwan.

Ketua Kwarcab Saka Kalpataru, Moh Sulchan mengatakan, tiap tahun pihaknya melakukan rekruitmen anggota. Ini dilakukan untuk mencari generasi pecinta lingkungan hidup. “Kami rekrut generasi muda untuk terus menerus menjaga dan memelihara lingkungan agar tetap lestari untuk kehidupan,” kata Kabid Penataan dan Penaatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Dinas Lingkungan Hidup ini.

Menurutnya, dalam Saka Kalpataru ada tiga krida. Yaitu, krida 3 R (reduce, reuse, recycle) yang meliputi bidang komposting, daur ulang dan bank sampah. Kemudian, krida perubahan iklim terdiri atas konservasi dan hemat air, hemat energi listrik, serta transportasi hijau. Lalu, krida konservasi keanekaragaman hayati yang meliputi pelestari sumberdaya genetik dan pelestari ekosistem.

Pamong Instruktur Krida, Moch Syafril Jalal mengungkapkan bahwa anggota baru yang dilantik ada 26 orang. Sedangkan, total anggota saka kalpataru ada 75 orang. Mereka berasal dari SMA se Demak. “Selain dilantik, kami adakan pelatihan kepemimpinan, api unggun dan pentas seni,” katanya.

Ada pula, pengujian materi baik pengetahuan umum, motivasi dan komitmen serta kesakaan dan kepemimpinan. Dalam acara ini, dihadirkan pula tokoh pemuda Desa Babat, Sutrisno dan pegiat lingkungan Demak Sri Widayastuti. “Mereka mengenalkan manfaat tanaman yang belum dimanfaatkan,” jelas Syafril.

Plt Kepala Dinas LH, M Ridwan menyambut baik kegiatan dan pelantikan anggota baru tersebut. “Peran saka kalpataru sangat besar dalam ikut melestarikan lingkungan hidup,” katanya. (hib/sct/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here