Klub Pecinta Buku SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang

Baca Buku Bareng saat Istirahat atau Pulang Sekolah

293
BUAT PETA: Anggota Klub Pecinta Buku (KPB) dipandu membuat My Map oleh guru SD Mutual Jodi Nur Ismandi. (HANIF ADI PRASETYO/RADAR KEDU)
BUAT PETA: Anggota Klub Pecinta Buku (KPB) dipandu membuat My Map oleh guru SD Mutual Jodi Nur Ismandi. (HANIF ADI PRASETYO/RADAR KEDU)

Banyak cara bisa dipakai untuk menarik minat siswa dalam membaca. Salah satunya dengan membuat klub baca buku. Seperti apa?

PULUHAN siswa SD Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang belajar membuat My Map atau peta yang bermanfaat dalam kegiatan sehari-hari, Selasa (7/3). Kegiatan praktik membuat ”peta” di papan tulis ini merupakan salah satu dari berbagai macam kegiatan bagi anggota Klub Pecinta Buku (KPB).

Sebelum membuat peta yang berisi aktivitas sehari-hari, anak-anak dibekali materi My Map oleh guru internal SD Mutual. Kemudian, secara berkelompok, mereka mempraktikkan ke papan tulis.

Pustakawan SD Mutual Joko Adi Yunarto menjelaskan, KPB bukan termasuk kegiatan ekstrakurikuler sekolah (ekskul). Melainkan murni klub atau perkumpulan bagi siswa yang memiliki kesamaan gemar membaca buku. Frekuensi membaca buku, kata Joko, dilakukan setiap hari, mulai jam istirahat atau pulang bel sekolah di perpustakaan setempat.

”Karena menjadi hobi, maka membaca buku menjadi sebuah kebutuhan dan dijalani secara sukarela,” kata Joko, kemarin,

Kegiatan KPB digelar dua pekan sekali dengan materi dan narasumber yang selalu berbeda. Dalam pertemuan kemarin, guru internal SD Mutual Jodi Nur Ismandi berkesempatan menyampaikan teknik membuat My Map. Dengan mengundang narasumber berbeda-beda, diharapkan menjadi inspirasi bagi anggota klub yang cinta membaca buku tersebut.

”Dengan menghadirkan narasumber dari praktisi dunia buku dan sejenisnya, diharapkan para siswa dapat memahami manfaat dan menginspirasi,” tegas dia.

Dalam kegiatan motivasi tersebut, anggota KPB SD Mutual juga membentuk kepanitiaan sebagai wadah belajar menjadi penyelenggara sebuah acara. Anggota KPB berkesempatan mengelola seperti membuka acara dan menjadi notulen untuk mencatat inti materi yang disampaikan motivator. (cr1/ton)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here