Kenalkan Permainan Tradisional pada Anak

287
DOLANAN TRADISIONAL: Anak-anak Kampung Tematik di Kelurahan Kuningan sedang bermain balap batok. Aksi tersebut merupakan bagian program Festival Anak. (Ahmad Abdul Wahab/Jawa Pos Radar Semarang)
DOLANAN TRADISIONAL: Anak-anak Kampung Tematik di Kelurahan Kuningan sedang bermain balap batok. Aksi tersebut merupakan bagian program Festival Anak. (Ahmad Abdul Wahab/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Sebagai upaya pengenalan kembali permainan tradisional kepada anak, Mahasiswa KKN Unnes 2017 menggelar Festival Anak di Kelurahan Kuningan, belum lama ini. Kecenderungan anak yang individualis serta kecanduan terhadap gadget adalah salah satu alasan digelarnya festival tersebut.

Salah seorang mahasiswa KKN, Rinda Ardianingsih mengatakan, perkembangan zaman dan arus globalisasi telah berkontribusi pada merosotnya pemahaman anak terhadap produk lokal. Alhasil, banyak anak yang sudah tidak mengenal permainan tradisional. Padahal, kandungan dan makna yang ada dalam setiap permainan tradisional sangat relevan untuk pembentukan karakter. ”Itulah yang mengilhami kami untuk menggelar festival anak melalui permainan tradisional tersebut,” katanya.

Beragam permainan tradisional yang ditampilkan di antaranya balap karung, dakon, gundu, gangsingan, dan balap batok. Melalui kegiatan itu, diharapkan gairah anak terhadap permainan tradisional semakin meningkat. Tak hanya itu, kecanduan terhadap gadget dapat pula teratasi.

Apresiasi besar disampaikan Kasi Pembangunan Kelurahan Kuningan, Trijanto. Ia menuturkan Festival Anak dengan permainan tradisonal di dalamnya itu selaras dengan Kelurahan Kuningan yang merupakan kampung tematik ramah anak.

Lebih lanjut dia berpesan, karakter adalah penting terutama terhadap perkembangan anak. Kendati demikian hal itu dapat ditanamkan kepada anak melalui hal-hal kecil semacam permainan tradisional. ”Dunia anak adalah dunia penuh warna, mereka butuh perhatian dan ingin dihargai,” tuturnya. (mg28/ric/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here