Ingin Sistem Lelang Diubah Jadi Swakelola

321
CEK : Anggota DPR RI Nusyirwan Soedjono saat memeriksa hasil program PISEW di Kecamatan Secang, kemarin. (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)

MUNGKID – Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dialokasikan ke desa-desa akan diubah sistem penyalurannya. Jika sebelumnya menggunakan mekanisme lelang, tahun depan akan dikembalikan ke sistem swakelola.

Anggota DPR RI Komisi V Nusyirwan Soejono menjelaskan, tahun lalu program ini turun ke Kabupaten Magelang sebesar Rp 2,4 miliar. Anggaran sebesar itu dibagi dalam dua titik. Yakni, Kecanatan Secag dan Kecamatan Salaman. “Ini saya mengecek langsung dengan turun ke desa-desa untuk memastikan kegiatan berjalan lancar dan baik,” kata dia di sela pengecekan kegiatan PISEW di Kabupaten Magelang, Senin (6/3).

Dari hasil masukan di lapangan, kata dia, kegiatan PISEW lebih baik jika dilaksanakan secara swakelola bukan lelang seperti tahun sebelumnya. “Misal anggaran Rp 1,2 miliar ini kalau dalam lelang justru hanya turun Rp 900 juta, jadi berkurang banyak,” katanya.

Menurutnya, jika kegiatan tersebut dilakukan seperti swakelola maka hasil di lapangan akan lebih baik. Juga ada unsur keterlibatan masyarakat yang sangat tinggi.

Dalam kunjungan tersebut Nusyirwan didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Magelang Sariyan Adi Yanto, sejumlah anggota DPRD, pejabat Pemkab Magelang, dan kepala desa penerima manfaat.

Kepala Desa Kebonrejo Salaman Sajidun mendukung perubahan sistem penerimaan bantuan PISEW tersebut. Menurutnya dari berbagai program yang sudah berjalan, kegiatan swadaya memiliki aspek kualitas dan kuantitas yang lebih baik. Juga adanya keterlibatan masyarakat membuat program ini lebih baik. (vie/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here