Eks Pasar Tarumanegara akan Ditata Lagi

189
MINTA MASUKAN : Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito berkomunikasi dengan para pedagang eks Pasar Tarumanegara, kemarin di gedung lantai dua, blok L Pasar Rejowinangun sisi timur. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)
MINTA MASUKAN : Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito berkomunikasi dengan para pedagang eks Pasar Tarumanegara, kemarin di gedung lantai dua, blok L Pasar Rejowinangun sisi timur. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)

MAGELANG – Bergabungnya pedagang Pasar Tarumanegara ke Pasar Rejowinangun membuat pasar terbesar di Kedu itu, ramai. Sebelumnya, keramaian pasar yang berjarak sekitar 200 meter ini terpecah.

“Kalau sudah bergabung seperti ini, mau cari kebutuhan apa saja di Pasar Rejowinangun ada. Tidak seperti dulu, cari tomat di Pasar Tarumanegara, cari cabainya di Pasar Rejowinangun,” kata Sigit mengistilahkan kondisi pasar sebelum penataan pedagang, saat peninjauan sejumlah proyek pembangunan 2016 yang telah dioperasikan, kemarin.

Kendati demikian, Sigit masih meminta masukan dari masyarakat. Pada kesempatan tersebut ia berbincang dengan sejumlah pedagang yang menempati kios di eks Pasar Tarumanegara. Maupun yang telah menempati gedung baru lantai dua Pasar Rejowinangun sisi timur.

“Saya manut rakyat, masukan-masukan dari mereka akan kami kaji dan sebagai bahan evaluasi,” ujarnya.

Pihaknya juga tidak ingin gegabah dalam menata kota. Utamanya, permintaan pedagang kios di eks Pasar Tarumanegara. “Menata itu nggak boleh emosional. Harus dipikirkan agar bisa ramai. Yang pasti, eks Pasar Tarumanegara itu akan ditata sesuai fungsinya,” ujarnya.

Pertama, kata Sigit, pengembalian akses Jalan Mataran, ke Jalan Kalingga. Ke depan, kios-kios di sekitar kawasan tersebut akan tampil lebih berwarna. Rencana Sigit yang lain, akan membuat taman.

“Saya ingin, pemilik kios mengecat kios agar terlihat lebih fresh. Sementara jalannya, akan kami perbaiki,” ujar Sigit didampingi wakilnya, Windarti Agustina, para asisten dan kepala dinas terkait.

Sementara itu, Rosita, 36, pedagang sayur eks Pasar Tarumanegara mengaku setelah dipindah kini jualannya lebih laris. Para pelanggannya sudah mulai berdatangan. Ia mengaku, tempat yang bersih dan terang membuat pembeli mudah berbelanja. “Barang dagangan mudah ditata, karena tempatnya lebih luas,” tuturnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang, Joko Budiyono menyebutkan, sekitar 500-an pedagang eks Pasar Tarumanegara dan pedagang lesehan Pasar Rejowinangun menempati gedung baru di blok L itu. (put/lis)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here