Senam dan Jalan Sehat Kampung Hebat Meriah

292
BAGI HADIAH LANGSUNG : Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi sebelum mengibarkan bendera start memberikan hadiah langsung berupa uang tunai kepada warga yang menjawab pertanyaan wali kota. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BAGI HADIAH LANGSUNG : Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi sebelum mengibarkan bendera start memberikan hadiah langsung berupa uang tunai kepada warga yang menjawab pertanyaan wali kota. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Kegiatan Kampung Hebat yang digelar di Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan berlangsung meriah. Acara yang diisi dengan kegiatan senam pagi dan jalan sehat bersama Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mendapatkan apresiasi dari ribuan peserta.

Pantauan Jawa Pos Radar Semarang, di Lapangan SMPN 14 Kota Semarang, Minggu (5/3) kemarin, warga sangat antusias mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Jawa Pos Radar Semarang bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang sejak pukul 06.00. Berbagai usia mulai dari anak-anak remaja dan orang tua tumplek-blek mengikuti acara tersebut.

Mereka juga memanfaatkan momen bertemu dengan orang nomor satu di Kota Semarang untuk foto selfie dan foto bareng. Atas kepedulian warga mengikuti acara Kampung Hebat, Wali Kota Hendi memberikan kuis berhadiah uang tunai sebesar Rp 500 ribu kepada peserta jalan sehat yang bisa menjawab pertanyaan tanggal ulang tahun Kota Semarang.

Usai memberikan kuis berhadiah, Wali Kota Hendi mengibarkan bendera start jalan sehat, yang menyusuri rute Jalan Kauman menuju Jalan Menjangan dan kembali lagi ke pusat lapangan.

Sesampai di finish, mereka langsung disambut hiburan musik dangdut dan pengundian kupon doorprize dan kupon berhadiah.

Salah satu peserta jalan sehat, Purwanto mengakui sangat gembira dengan adanya kegiatan yang digelar oleh Jawa Pos Radar Semarang. Menurutnya, acara tersebut merupakan kegiatan positif yang perlu digelar secara rutin. ”Selain penduduknya sehat, kampung juga selalu bersih. Jadi harus dipertahankan kegiatan ini,” ungkapnya di tengah lapangan saat ditemui Jawa Pos Radar Semarang, Minggu (5/3) kemarin.

Peserta lain, Nanik menyatakan bahwa perlombaan Kampung Hebat, tidak hanya membawa nama kelurahan. Namun, kesuksesan kampung yang menjadi bersih akan dikenal oleh masyarakat luas di luar Kota Semarang. ”Ya menurut saya bagus. Warga sangat mendukung,” katanya.

Ketika ditemui di sela-sela acara, Hendi mengaku sangat terbantu dengan event Kampung Hebat besutan Jawa Pos Radar Semarang dalam membangun Kota Semarang. Masyarakat jadi lebih peduli dalam merawat dan memperbaiki lingkungan masing-masing. Karena itu, dia berharap, helatan Kampung Hebat bisa menjadi agenda tahunan agar masyarakat termotivasi mengemas lingkungan tempat tinggal menjadi lebih baik. ”Kemajuan kota itu bisa dilakukan dari sinergi pemerintah dan masyarakat. Pemerintah memfasilitasi, dan masyarakat mau berpartisipasi,” ucapnya.

Pihaknya memberikan apresiasi bagi masyarakat yang mau bekerja untuk lingkungan. Menurutnya, mereka yang setiap hari berada di Semarang, untuk bekerja atau sekolah, sebaiknya mau berperan aktif dalam pembangunan kota. ”Meski dari lingkup kecil, yaitu merawat lingkungan tempat tinggal. Jika ini sudah menjadi komitmen warga, bisa jadi lompatan besar untuk Kota Semarang menjadi lebih hebat,” tegasnya.

Camat Pedurungan, Wijaya Trikoranto menambahkan, selama ini mengajak masyarakat untuk merawat lingkungan boleh dibilang susah-susah gampang. Menurutnya, sudah jadi hal lumrah jika ada segelintir warga yang apatis soal perkembangan kampung.

Dijelaskan, sejak Jawa Pos Radar Semarang menggelar Kampung Hebat, semua warga jadi termotivasi membuat kampung yang indah, bersih, dan kreatif. ”Memang tidak semua kampung ikut Kampung Hebat. Tapi ketika melihat kampung lain yang bagus, warga yang tidak ikut, jadi kepengin mempercantik kampung mereka,” imbuhnya. (mha/amh/ida/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here