Dicari Hingga Laut Selatan

Korban Tubing Belum Ditemukan

144
SEMOGA ADA PETUNJUK : Tim gabungan terus melakukan operasi pencarian terhadap Azis Muslim, korban hilang dalam kegiatan tubing di Tegalrejo Kabupaten Magelang, kemarin. (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)
SEMOGA ADA PETUNJUK : Tim gabungan terus melakukan operasi pencarian terhadap Azis Muslim, korban hilang dalam kegiatan tubing di Tegalrejo Kabupaten Magelang, kemarin. (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)

MUNGKID – Tim gabungan masih terus mencari satu dari tiga korban kegiatan tubing yang hilang di Kali Elo Tegalrejo Kabupaten Magelang. Di hari keempat, Minggu (5/3), pencarian difokuskan ke beberapa titik hingga laut selatan Jawa.

Satu korban yang belum diketemukan adalah Azis Muslim. Dua temannya yakni Agus Setiyawan, Syamsul Maarif sudah ditemukan terlebih dahulu dalam kondisi meninggal dunia.

Komandan SAR Kabupaten Magelang Heri Prawoto mengatakan, pihaknya masih belum menghentikan operasi pencarian terhadap korban ketiga ini. Dia berharap di hari keempat ada hasil atau petunjuk yang bisa membantu ditemukannya korban. “Kita masih terus melakukan pencarian hingga hari keempat ini. Semoga hari ini (kemarin, red) ada petunjuk,” kata dia.

Menurutnya, dalam proses pencarian hari keempat ini, kegiatan pencarian masih dalam kendali Basarnas. Ada tiga tim yang disebar. Tim terdiri dari Basarnas Semarang, Basarnas Jogja, SAR Kabupaten Magelang, Damkar Kabupaten Magelang, PMI, dan sejumlah komunitas relawan kemanusiaan.

Tim pertama mencari dengan menyisir mulai dari lokasi awal hilang hingga Blondo. Tim ini mengerahkan dua perahu karet. “Penyisiran juga lewat jalur darat,” katanya.

Kemudian tim kedua akan mencari mulai dari Blondo hingga Bendungan Ancol Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang. Dari sini pencarian juga dilakukan via darat dan air dengan melibatkan sejumlah komunitas relawan.

Tim terakhir akan mencari mulai dari Ancol Bligo Ngluwar-Kulonprogo hingga Trisik yang berbatasan dengan laut selatan. Kegiatan tim ini dipimpin Basarnas Jogja dan Core Jogja.

Sebelumnya diberitakan, lima orang asal Banyuurip Tegalrejo Kabupaten Magelang bermain tubing di Kali Elo. Kelimanya adalah Agus Setiyawan, Syamsul Maarif, Azis Muslim, Cahyo dan Wildan. Mereka bermain tubing Kamis (2/3) sekitar pukul 16.30 WIB di Kali Sono Hulu Kali Elo, dekat tempat tinggal mereka. Saat bermain, kondisi air masih landai. Namun di bagian hulu terjadi hujan deras.

Tiga orang yakni Agus Setiyawan, Syamsul Maarif dan Azis Muslim tenggelam terbawa arus sungai. Sedangkan dua lainnya bisa menyelamatkan diri. Korban Agus Setiyawan berhasil ditemukan tak lama kemudian. Korban Syamsul Maarif ditemukan selang satu hari dalam kondisi meninggal di Pantai Trisik Kulonprogo Jogjakarta. Usai dijemput tim SAR korban kemudian dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto mengimbau supaya masyarakat berhati-hati saat melakukan aktivitas di sekitar sungai. Pasalnya, saat ini cuaca bisa berubah ekstrem sewaktu-waktu. “Kita sampaikan imbauan kepada masyarakat penggiat olahraga air dan wisata air supaya berhati-hati dan jangan lupa tetap berpegangan pada SOP yang sudah ada,” papar dia. (vie/ton)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here